PROFIL DAN KOMPETENSI
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN WALISONGO SEMARANG
PROFIL& KOMPETENSI
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
TIM PENYUSUN:
Dr. H. Raharjo, M.Ed. St. (Pengarah)
Prof. Dr. H. Fatah Syukur, M. Ag. (Penanggung jawab)
- Mursid, M.Ag. (Ketua)
Drs.H. Muslam, M.Ag., M. Pd.(Anggota)
PROGRAM STUDI PIAUD
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN WALISONGO SEMARANG
TAHUN 2016
Kata Pengantar
Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Bismillahirrahmanirrahim.Alhamdulillah robil ‘alamiin, puji syukur atas rahmat dan hidayah Allah SWT, Allah Yang Maha Pengatur segalanya. Salawat dan salam senantiasa disanjungkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW.
Seiring dengan transformasi IAIN Walisongo menjadi UIN Walisongo, maka Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Prodi PIAUD) UIN Walisongo mengembangkan berbagai program layanan, yakni layanan pendidikan di RA dan juga di TK. Hal itu disebabkan karena tuntutan masyarakat muslim di Indonesia terhadap profesionalitas sumber daya manusia bermutu tinggi dalam bidang keilmuan dan keislaman anak usia dini tidak dapat dibendung, oleh karena itu terkait dengan bidang tersebut Prodi PIAUD memberikan muatan materi agama kepada para mahasiswa lebih bamyak.
Prodi PIAUD merupakan salah satu program studi berbasis pada monodisipliner yaitu pendidikan Anak Usia Dini. Prodi PIAUD berfokus pada peningkatan sumber daya manusia dalam bidang Pendidikan untuk Anak Usia dini, sebagai calon pendidik Anak Usia dini, peneliti Perkembangan anak usia dini, penulis Buku anak usia dini enterpreneur yang berkaitan dengan pengembangan anak usia dini .
Pengembangan kurikulum Prodi PIAUD dilakukan dalam kerangka paradigma unity of science (kesatuan ilmu pengetahuan) untuk kemanusiaan dan peradaban yang menjadi visi UIN Walisongo Semarang. Strategi pengembangannya dilakukan integrasi pengkajian ilmu tentang anak usia dini melalui humanisasi ilmu-ilmu agama, spiritualisasi sains dan IPTEK, dan revitalisasi kearifan lokal.
Buku profil dan kompetensi Prodi PIAUD ini dimaksudkan untuk menjelaskan dan mensosialisasikan pada seluruh stakeholder dan masyarakat pada umumnya tentang visi, misi, tujuan, serta kurikulum Prodi PIAUD UIN Walisongo Semarang, sehingga mereka dapat memahami dengan baik keberadaan Prodi PIAUD ini.
Buku Profil dan Kompetensi Program Studi PIAUD ini disusun berdasarkan pada berbagai regulasi yang berlaku di UIN Walisongo dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.
Akhirnya, terima kasih setinggi-tingginya disampaikan kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi pada penyusunan buku ini, terutama pada Ketua Prodi PIAUD, Sekretaris Prodi PIAUD, Gugus KendaliMutu Prodi PIAUD, Ketua HMJ PIAUD . Semoga buku ini bermanfaat bagi seluruh Stakeholder dan masyarakat di seluruh Indonesia.
STRUKTUR PENGELOLA
PRODI PENDIDIKAN PIAUD
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN WALISONGO SEMARANG
DEKAN
Dr. H. Raharjo, M. Ed. St.
Wadek 1
Prof. Dr. H. Fatah Syukur, M. Ag.
Wadek 2
- Ahmad Muthohar, M. Ag.
Wadek 3
Wahyudi, M. Pd.
Ketua Prodi PIAUD
- Mursid, M. Ag.
Sekretaris Prodi PIAUD
Drs, H. Muslam, M.Ag., M. Pd.
Gugus Kendali Mutu Prodi PIAUD
Agus Sutiyono, M.Ag., M. Pd
DAFTAR ISI
Tim Penyusun | i | |
Kata Pengantar | ii | |
Struktur Pengelola | iv | |
Daftar Isi | v | |
Visi, Misi dan Tujuan | 1 | |
Profil Lulusan | 7 | |
Profil Pimpinan dan Dosen | 8 | |
Kompetensi Lulusan | 21 | |
Pengembangan Kurikulum | 25 | |
Komponen Kurikulum | 26 | |
Deskripsi Kualifikasi Level 6 KKNI | 27 | |
Struktur kurikulum Prodi PIAUD | 31 | |
Distribusi Makul dan SKSnya | 32 | |
Distribusi Makul dalam Program Semester | 42 | |
Pendekatan dan Metode Pembelajaran | 48 | |
Penilaian Pembelajaran | 50 | |
Daftar Dosen Tetap | 58 |
VISI, MISI, DAN TUJUAN UIN WALISONGO
VISI
Universitas Islam Riset Terdepan Berbasis pada Kesatuan Ilmu Pengetahuan untuk Kemanusiaan dan Peradaban.
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran IPTEKS berbasis kesatuan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan lulusan profesional dan berakhlak Al-karimah;
- Meningkatkan kualitas penelitian untuk kepentingan Islam, ilmu dan masyarakat;
- Menyelenggarakan pengabdian yang bermanfaat untuk pengembangan masyarakat;
- Menggali, mengembangkan, dan menerapkan nilai-nilai kearifan lokal;
- Mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga dalam skala regional, nasional, dan internasional;
- Mewujudkan tata pengelolaan kelembagaan profesional berstandar internasional.
TUJUAN
- Melahirkan lulusan yang memiliki kapasitas akademik dan profesional dengan keluhuran budi yang mampu menerapkan dan mengembangkan kesatuan ilmu pengetahuan;
- Mengembangkan riset dan pengabdian kepada masyarakat yang kontributif bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dalam beragama, berbangsa, dan bernegara.
VISI, MISI, DAN TUJUAN FAKULTAS
VISI
Model Pendidikan Islam Unggul Berbasis Kesatuan Ilmu di ASEAN Tahun 2030
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bidang pendidikan berbasis kesatuan ilmu untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berakhlak mulia;
- Meningkatkan kualitas riset bidang pendidikan untuk kepentingan Islam, ilmu dan masyarakat;
- Menyelenggarakan pengabdian bidang pendidikan yang bermanfaat untuk mengembangkan masyarakat;
- Menggali, mengembangkan, dan menerapkan nilai-nilai kearifan lokal dalam bidang pendidikan;
- Mewujudkan tata kelola kelembagaan pendidikan yang profesional dan berstandar nasional;
- Mengembangkan kerjasama bidang pendidikan dengan berbagai lembaga regional,nasional, dan internasional.
TUJUAN
- Menghasilkan lulusan bidang pendidikan yang memiliki kompetensi akademik dan profesional dengan kemuliaan akhlak yang mampu menerapkan dan mengembangkan kesatuan ilmu;
- Menghasilkan riset dan karya pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan yang kontributif untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dalam beragama, berbangsa, dan bernegara.
VISI, MISI, DAN TUJUAN PRODI PIAUD
VISI
- Program Studi Unggul, Qur’ani dan Mandiri Dalam Bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini berbasis kesatuan ilmu di Tingkat Nasional Tahun 2025
MISI TUJUAN PIAUD
- Menumbuhkembangkan budaya belajar yang partisipatif, kreatif, tanggungjawab dan qur’ani.
- Mendidik mahasiswa menjadi calon guru PIAUD yang profesional berbasis kesatuan ilmu.
- Menumbuhkan jiwa curiousity (rasa ingin tahu) yang partisipatif dan kolaboratif dalam mengembangkan penelitian bidang PIAUD berbasis kesatuan ilmu sehingga mempunyai keunggulan di tingkat nasional.
- Menumbuhkan pengabdian pada masyarakat dengan lembaga pendidikan PIAUD dan Satuan PAUD Sejenis (SPS) di tingkat Lokal dan Nasional.
- Melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga di tingkat lokal, nasional untuk mendukung ketercapaian visi
- Membangun citra positif masyarakat terhadap program studi PIAUD yang Unggul, Qur’ani dan Mandiri berbasis kesatuan ilmu.
TUJUAN PIAUD
- Terwujudnya sistem pembelajaran dengan pendekatan aktif learning yang dapat membentuk mahasiswa yang partisipatif, kreatif, tanggung jawab dan qur’ani berbasis kesatuan ilmu.
- Terwujudnya lulusan PIAUD yang profesional berbasis kesatuan ilmu.
- Dihasilkannya penelitian partisipatif dan kolaboratif dalam bidang Pendidikan Guru PIAUD
- Tercapainya pengabdian pada masyarakat dengan lembaga pendidikan PAUD dan Satuan PAUD Sejenis (SPS) di tingkat Lokal dan Nasional.
- Kerjasama dengan berbagai lembaga/organisasi profesional di tingkat local dan nasional untuk mendukung ketercapaian visi
- Terbangunnya citra positif masyarakat terhadap program studi PIAUD yang Unggul, Qur’ani dan Mandiri berbasis kesatuan ilmu
PROFIL LULUSAN
- PROFIL LULUSAN UTAMA
Lulusan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah pendidik pada RA/BA/TK yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, berkemampuan dalam melaksanakan tugas pembelajaran yang mendidik, Islami dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi
- PROFIL LULUSAN TAMBAHAN
Profil tambahan lulusan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah calon Peneliti khusus perkembangan AUD, Penulis buku AUD, Enterpreuner yang berhubungan dengan pengembangan anak usia dini serta mampu menerapkan pengetahuan dan teknologi berbasis integrasi keilmuan dan keislaman serta bertanggungjawab terhadap pelaksanaan tugas yang berlandaskan etika keilmuan dan profesi.
PROFIL PIMPINAN DAN DOSEN PRODI PIAUD
BIODATA KAJUR PIAUD
Nama Lengkap | : | H. Mursid, M. Ag |
Tempat/Tgl Lahir | : | Demak, 5 Maret 1967 |
NIP | : | 196703052001121001 |
NIDN | : | 2005036701 |
Pangkat/Golongan | : | Penata Tk 1/III/d |
Jabatan Fungsional | : | Lektor |
Alamat Rumah | : | Tambakharjo RT.03 RW.I Semarang |
Alamat Email | : | [email protected] |
No. HP | : | 08157721315 |
Pendidikan Terakhir | : | S2 Pendidikan Islam |
Penghargaan | : | Satya Lancana Karya Satya X Tahun 2017 |
Pengalaman Organisasi | : | 1. Pengurus HIMPAUDI Provinsi Jawa Tenagh Bid. Humas
2. Pengurus IGRA Provinsi Jawa Tenagh 3. Pengurus Forum PAUD Provinsi Jawa Tenagh Bid. Humas 4. Pengurus IGRA Kota Semarang 5. Pengurus LP Ma’arif Jawa Tengah 6. Pengurus MUI Kota Semarang 7. Pengurus JATMI DPW Jateng |
BIODATA SEKJUR PIAUD
Nama Lengkap | : | Drs Muslam, M.Ag., M.Pd. | |
Tempat/Tgl Lahir | : | Jepara, 5 Maret 1966 | |
NIP | : | 196603052005011001 | |
NIDN | : | 2005036602 | |
Pangkat/Gol | : | Pembina (IV/a) | |
Jabatan Fungsional | : | Lektor Kepala | |
Alamat Rumah | : | Jl Tugu Lapangan H. 22 Tambakaji RT 08 RW I Ngaliyan Kota Semarang | |
Alamat Email | : | [email protected] | |
No. HP | : | 085103920913 | |
Pendidikan Terakhir | : | S3 Manajemen Pendidikan UNES | |
Penghargaan | : | ||
Pengalaman Organisasi | : | Pengurus PERGUNU Jawa Tengah (2013 – 2018) Wk Ketua
|
BIODATA DOSEN PIAUD
Nama Lengkap | : | Dr. Agus Sutiyono, M.Ag., M.Pd |
Tempat/Tgl Lahir | : | Cilacap, 10 Juli 1973 |
NIP | : | 19730710 200501 1 004 |
NIDN | : | 2005036701 |
Pangkat/Golongan | : | Penata Tk 1/III/d |
Jabatan Fungsional | : | Lektor |
Alamat Rumah | : | Jl. Dr. Rajiman Gunungsimping RT 04 RW 12 Cilacap Tengag, Cilacap |
Alamat Email | : | [email protected] |
No. HP | : | 081542702363 |
Pendidikan Terakhir | : | S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Penghargaan | : | |
Pengalaman Organisasi | : | Pengurus HEPI Jawa Tengah Dev Pengembangan Organisasi
Pengurus ADRI Jawa Tengah bid. Kedarmaan |
BIODATA DOSEN PIAUD
Nama Lengkap | : | SOFA MUTHOHAR, MAg |
Tempat/Tgl Lahir | : | Banyumas, 05 Juli 1075 |
NIP | : | 19750705 200501 1 001 |
NIDN | : | 20050775 |
Pangkat/Golongan | : | III/d |
Jabatan Fungsional | : | Lektor |
Alamat Rumah | : | Jl. Wahyu Asri Selatan .2 No 14 PerumWahyu Utomo Tambakaji galiyan Semarang |
Alamat Email | : | [email protected] |
No. HP | : | 08156519871 |
Pendidikan Terakhir | : | S3 Islamic studies |
Penghargaan | : | Pengelola Jurnal Nadwa Terakreditasi |
Pengalaman Organisasi | : | Majlis Tabligh dan Dakwah Khusus PWM Jawa Tengah Sekertaris
KAHMI Jawa Tengah Bid Pendidikan Perkumpulan Harmoni Hijau Hitam Jawa Tengah Sekertaris MASIKA ICMI Jateng
|
BIODATADOSEN PIAUD
Nama Lengkap | : | Agus khunaefi |
Tempat/Tgl Lahir | : | Brebes 26 Pebruari 1976 |
NIP | : | 19760226 200501 1 004 |
NIDN | : | 2026027602 |
Pangkat/Golongan | : | Penata Tk. I/III/D |
Jabatan Fungsional | : | Lektor |
Alamat Rumah | : | Perumahan PermataBeringi Blok B No. 7 |
Alamat Email | : | [email protected] |
No. HP | : | 085747332594 |
Pendidikan Terakhir | : | S3 Islamic Studi |
Penghargaan | : | |
Pengalaman Organisasi | : | Pengurus MWC Kec. Ngaliyan |
BIODATA DOSEN PIAUD
Nama Lengkap | : | Dr. Dwi Istiyani, M.Ag. |
Tempat/Tgl Lahir | : | Brebes,23 Juni 1975 |
NIP | : | 197506232005012001 |
NIDN | : | 2023067502 |
Pangkat/Golongan | : | Penata Tk. I/III/D |
Jabatan Fungsional | : | Lektor |
Alamat Rumah | : | Tempel No. 1-2 Jatisari RT 04 RW 04 Mijen Kota Searang |
Alamat Email | : | [email protected] |
No. HP | : | 081575727312 |
Pendidikan Terakhir | : | S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UNY |
Penghargaan | : | Satya Lancana Karya Satya X Tahun 2017 |
Pengalaman Organisasi | : | Pengurus HEPI Jawa Tengah Dev kerjasama danTemu Ilmiah |
BIODATA DOSEN PIAUD
Nama Lengkap | : | Mustakimah, M.Pd |
Tempat/Tgl Lahir | : | Demak, 2 Maret1979 |
NIP | : | – |
NIDN | : | 2002037903 |
Pangkat/Golongan | : | Penata /III/b |
Jabatan Fungsional | : | Asisten Ahli |
NPWP | : | |
Alamat Rumah | : | Gedangalas Kec Gajah Kab Demak |
Alamat Email | : | [email protected] |
No. HP | : | 082329401238 |
Pendidikan Terakhir | : | S2 PAUD |
Penghargaan | : | |
Pengalaman Organisasi | : | Pengurus Himpaudi Kab Demak |
BIODATA DOSEN PIAUD
Nama Lengkap | : | Abdulloh, M.Pd. |
Tempat/Tgl Lahir | : | Tegal, 25 Mei 1976 |
NIP | : | – |
NIDN | : | 2025057606 |
Pangkat/Golongan | : | Penata /III/b |
Jabatan Fungsional | : | Asisten Ahli |
NPWP | : | |
Alamat Rumah | : | |
Alamat Email | : | [email protected] |
No. HP | : | 081325341119 |
Pendidikan Terakhir | : | S2 Pendidikan Seni |
Penghargaan | : | Comic Award: Most Conceptual Design Prize, Asian Youth Animation & Comics Contest (YAAC) China
Komik “Lamafa”, Juara Harapan 1 , Kompetisi Komik Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, Jakarta (2015) Pameran buku komik “Lamafa” di Frankfruit Book Fair Jerman Pencipta Maskot Event Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (2017)
|
Pengalaman Organisasi | : | Kontributor Kartun Strip “CEMPLUK” pada Tabloid Cempaka- Suara Merdeka Group ( 2010 – Sekarang)
Pengelola “Rumah Kartun Indonesia” Pengurus PW. Ansor Jawa Tengah
|
BIODATA DOSEN PIAUD
Nama Lengkap | : | Qorby Haqqul Adam, M.Or. |
Tempat/Tgl Lahir | : | SEMARANG, 2 SEPTEMBER 1990 |
NIP | : | |
NIDN | : | 2002099006 |
Pangkat/Golongan | : | Penata III/b |
Jabatan Fungsional | : | Asisten Ahli |
NPWP | : | |
Alamat Rumah | : | |
Alamat Email | : | [email protected] |
No. HP | : | 085727275151 |
Pendidikan Terakhir | : | S2 Pendidikan Olah Raga |
Penghargaan | : | |
Pengalaman Organisasi | : | – |
BIODATA DOSEN
Nama Lengkap | : | Lilif Muallifatul Khorida Failasufa, M.Pd.I |
Tempat/Tgl Lahir | : | Semarang, 15 Desember 1988 |
NIP | : | |
NIDN | : | 2015128806 |
Pangkat/Golongan | : | Penata III/b |
Jabatan Fungsional | : | Asisten Ahli |
NPWP | : | |
Alamat Rumah | : | |
Alamat Email | : | [email protected] |
No. HP | : | 085726205974 |
Pendidikan Terakhir | : | S2 PGRA UIN KALIJAGA |
Penghargaan | : | |
Pengalaman Organisasi | : |
KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI
Kompetensi Utama Lulusan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah memiliki kemampuan menjadi pendidik pada RA/BA/TK yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, berkemampuan dalam melaksanakan tugas pembelajaran yang mendidik, Islami dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi
Kompetensi Utama Lulusan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini tersebut terdiri dari beberapa Sub kompetensi yakni:
- Mampu melaksanakan model-model pembelajaran anak usia dini RA/BA/TK.
- Menguasai pengetahuan dasar-dasar kependidikan untuk anak usia dini.
- Menguasai pengetahuan pengembangan media pembelajaran, evaluasi, perangkat pembelajaran yang diperlukan untuk mengajar pada RA/BA/TK.
- Mampu memanfaatkan teori neurosains dalam pembelajaran AUD, pengetahuan bermain, pengembangan permainan dan seni AUD, menguasai langkah-langkah perbaikan mutu pembelajaran secara berkelanjutan melalui penelitian tindakan kelas untuk AUD.
- Menguasai pengetahuan tentang kesehatan dan gizi sebagai daya dukung pengembangan potensi dan pertumbuhan fisik AUD, pengetahuan terkait dengan pendidikan inklusi, pengembangan kreativitas, pola pendidikan ABK AUD, perkembangan agama dan moral serta pembinaan akhlak pada AUD
Kompetensi utama tersebut diwujudkan dalam capaian pembelajaran program studi bidang sikap dan tataniali, bidang pengetahuan, danbidang ketrampilan.
Kompetensi pendukung lulusan program studi adalah memiliki enterpreuner yang berhubungan dengan pengembangan anak usia dini, calon peneliti khusus perkembangan AUD, penulis buku AUD, serta mampu menerapkan pengetahuan dan teknologi berbasis integrasi keilmuan dan keislaman dan bertanggungjawab terhadap pelaksanaan tugas yang berlandaskan etika keilmuan dan profesi.
KOMPETENSI PENDUKUNG
Empat Kompetensi yang Harus Dimiliki Pendidik PAUD
Adapun kompetensi dasar pendidik PAUD yang perlu dimiliki yakni: Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik, serta Kompetensi Sosial.
KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK PAUD
- Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
- Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
- Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.
- Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik.
- Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaran kegiatan pengembangan yang mendidik.
- Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
- Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan sntun dengan peserta didik.
- Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
- Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
- Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
KOMPETENSI KEPRIBADIAN
- Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.
- Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
- Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
- Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi pendidik, dan rasa percaya diri.
- Menjunjung tinggi kode etik profesi pendidik.
KOMPETENSI SOSIAL
- Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
- Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
- Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya.
- Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.
KOMPETENSI PROFESIONAL
- Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuwan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
- Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
- Mengembangakn materi pelajaran yang diampu secara kreatif.
- Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
- Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
Selain kompetensi sebagai seorang guru lulusan prodi PIAUD juga memiliki kompetensi pengelola PAUD atau Kompetensi Manajerial, yakni :
- Mengelola dan mengembangkan lembaga dalam pelayanan pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan.
- Mengkoordinasi pendidik dan tenaga kependidikan lain dalam lembaga.
- Mengelola sarana dan prasarana sebagai aset lembaga.
PENGEMBANGAN KURIKULUM
- Penyusunan / pengembangan kurikulum Program Studi PIAUD dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan ilmu, kemanfaatan / relevansi, minat dan bakat mahasiswa, menyeluruh, dan sistemik, serta memperhatikan hasil pengkajian empirik.
- Penyusunan/pengembangan kurikulum Program Studi PIAUD juga dilakukan dengan memperhatikan perkembangan dunia pendidikan Tinggi Nasional (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).
- Pengembangan Kurikulum Program Studi PIAUD dilakukan dalam kerangka paradigma Unity of Science untuk kemanusiaan dan peradaban.
BEBAN DAN MASA STUDI MAHASISWA
Beban studi mahasiswa Program Studi PIAUD adalah minimal 148 sks, dengan masa studi 8 semester. Beban Studi Prodi PIAUD FITK UIN Walisongo Semarang diperoleh dari kegiatan perkuliahan, praktikum, dan tugas akhir.
KOMPONEN KURIKULUM
- Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi.
- Komponen kurikulum terdiri dari: capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian.
- Capaian pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja.
- Bahan kajian dimaksudkan sebagai isi kurikulum yang berhubungan dengan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan yang harus dimiliki peserta didik.
- Proses pembelajaran adalah proses interaksi mahasiswa dengan dosen dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
- Penilaian merupakan proses berkelanjutan tentang pengumpulan dan penafsiran informasi untuk menilai keputusan-keputusan yang dibuat dalam merancang suatu sistem pembelajaran.
DESKRIPSI KUALIFIKASI LEVEL 6 KKNI
- Deskripsi Umum
Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut:
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
- Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia;
- Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain;
- Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
- Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana (S1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini
- Kemampuan di Bidang Kerja
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi, kemampuan yang dimiliki adalah:
- Mampu merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik AUD dan keilmuan AUD serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.
- Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran untuk anak usia dini yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
- Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam pembelajaran melalu bermaian yang menyenangkan.
- Mampu merancang dan melaksanakan penelitian untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang Pembelajaran pada anak usia dini serta mempublikasikan hasilnya.
- Kemampuan di Bidang Pengetahuan
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural, kemampuan yang dimiliki:
- Menguasai konsep didaktik -metodik pembelajaran anak usia dini serta mampu untuk melaksanakan dalam pembelajaran yang berorientasi pada kecakapan hidup.
- Menguasai konsep teoritis pembelajaran pada anak usia dini dan metode yang mendukung pembelajaran yang menyenangkan.
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pada anak usia dini .
- Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran pada anak usia dini.
- Menguasai metodologi penelitian yang berhubungan dengan pendidikan anak usia
- Kemampuan Manajerial
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok, kemampuan yang dimiliki:
- Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.
- Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan sekolah dan lembaga pendidikan yang dipercayakan kepadanya dengan penuh tanggungjawab.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam penyelenggaraan pendidikan yang relevan.
- Mampu mengkaji data dan informasi untuk menentukan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada di bidang pendidikan secara mandiri dan kelompok sebagai dasar pengambilan keputusan.
STRUKTUR KURIKULUM PRODI PIAUD
NO | JENIS MATA KULIAH | SKS |
1 | Mata Kuliah Landasan Kepribadian (MLK) | 16 |
2 | Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) | 100 |
3 | Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) | 12 |
4 | Mata Kuliah Sikap dan Perilaku Berkarya (MSPB) | 12 |
5 | Mata Kuliah Kehidupan Bermasyarakat (MBB) | 4 |
6 | Mata Kuliah Pilihan | 4 |
Jumlah | 148 |
distribusi mata kuliah dan jumlah sksnya
Mata Kuliah Landasan Kepribadian (MLK)
NO | KODE | MATA KULIAH | RINCIAN SKS | SEMESTER | ||||
T | P | L | JML | GS | GN | |||
1 | UIN6201 | Akhlaq Tasawuf | 2 | 2 | 4 | |||
2 | UIN6202 | Ilmu Fiqh | 2 | 2 | 4 | |||
3 | UIN6204 | Pendidikan kewarganegaraan | 2 | 2 | 1 | |||
4 | UIN6205 | Ilmu Tauhid | 2 | 2 | 6 | |||
5 | UIN6206 | Ulum Al-Qur’an | 2 | 2 | 1 | |||
6 | UIN6207 | Ulum al-Hadis | 2 | 2 | 3 | |||
7 | UIN6203 | Pendidikan Pancasila | 2 | 2 | 2 | |||
8 | UIN6214 | Bahasa Indonesia | 2 | 2 | 6 | |||
Jumlah | 16 |
Mata Kuliah Landasan Kepribadian (MLK) PIAUD
NO |
KODE | MATA KULIAH | RINCIAN SKS | SEMESTER | ||||
T | P | L | JML | GS | GN | |||
1 | UIN-6205 | Akhlaq Tasawuf | 2 | 2 | 4 | |||
2 | UIN-6204 | Ilmu Fiqh | 2 | 2 | 4 | |||
3 | UIN-6208 | Pendidikan kewarganegaraan | 2 | 2 | 1 | |||
4 | UIN-6203 | Ilmu Tauhid | 2 | 2 | 6 | |||
5 | UIN-6202 | Ulum Al-Qur’an | 2 | 2 | 1 | |||
6 | UIN6206 | Ulum al-Hadis | 2 | 2 | 3 | |||
7 | UIN6207 | Pendidikan Pancasila | 2 | 2 | 2 | |||
8 | UIN6209 | Bahasa Indonesia | 2 | 2 | 6 | |||
Jumlah | 16 |
Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan(MKK) PIAUD | ||||||||||||||
NO | KODE | MATA KULIAH | RINCIAN SKS | SEMESTER | ||||||||||
T | P | L | JML | GS | GN | |||||||||
1 | UIN6214 | Falsafah Kesatuan Ilmu | 2 | 2 | 3 | |||||||||
2 | UIN6210 | Bahasa Arab | 2 | 2 | 1 | |||||||||
(Istima’ dan Kalam) | ||||||||||||||
3 | UIN6211 | Bahasa Arab | 2 | 2 | 3 | |||||||||
(Qiraah dan Kitabah) | ||||||||||||||
4 | UIN6212 | Bahasa Inggris I | 2 | 2 | 1 | |||||||||
(Basic Listening) | ||||||||||||||
5 | UIN6213 | Bahasa Inggris II | 2 | 2 | 1 | |||||||||
(Basic Speaking) | ||||||||||||||
6 | PUD-6205 | BTA untuk Pendidikan Islam Anak Usia Dini | 2 | 2 | 1 | |||||||||
7 | FIT6201 | Ilmu Pendidikan | 2 | 2 | 2 | |||||||||
8 | PUD-6203 | Kurikulum PIAUD | 2 | 2 | 1 | |||||||||
9 | PUD-6402 | Konsep Dasar Pendidikan Islam Anak Usia Dini | 4 | 4 | 1 | |||||||||
10 | FIT6202 | Tafsir dan Hadist Tarbawi | 2 | 2 | 6 | |||||||||
11 | FIT6224 | Filsafat Pendidikan Islam | 2 | 2 | 4 | |||||||||
12 | FIT6203 | Psikologi Pendidikan/Educational Psychology | 2 | 2 | 2 | |||||||||
13 | FIT6205 | Dasar-dasar Manajemen Pendidikan | 2 | 2 | 2 | |||||||||
14 | UIN6201 | Sejarah Peradaban Islam | 2 | 2 | 5 | |||||||||
15 | FIT – 6224 | Filsafat Pendidikan Islam | 2 | 2 | 3 | |||||||||
16 | PUD – 6210 | Permasalahan Anak Usia Dini | 2 | 2 | 4 | |||||||||
17 | PUD-6411 | Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus | 2 | 2 | 4 | 4 | ||||||||
18 | FIT–6203 | Psikologi Pendidikan | 2 | 2 | 5 | |||||||||
19 | PUD-6406 | Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini | 2 | 2 | 4 | 5 | ||||||||
20 | PUD-6207 | Bermain dan Permainan | 2 | 2 | 2 | |||||||||
21 | PUD-6208 | Pengembangan Kognitif dan Bahasa | 2 | 2 | 2 | |||||||||
22 | PUD-6409 | Pengembangan APE | 4 | 4 | 2 | |||||||||
23 | PUD-6204 | Pendidikan Anak dalam Keluarga | 2 | 2 | 4 | |||||||||
24 | PUD – 6214 | Perkembangan Anak I (Lahir-4 Tahun) | 2 | 2 | 4 | |||||||||
25 | PUD-6215 | Neurosains dalam Pembelajaran | 2 | 2 | 4 | |||||||||
26 | PUD-6416 | Pemberdayaan Masyarakat dalam Penyelenggaraan PIAUD | 4 | 4 | 4 | |||||||||
27 | PUD-6417 | Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak | 4 | 4 | 4 | |||||||||
28 | PUD-6201 | Psikologi Perkembangan | 2 | 2 | 1 | |||||||||
29 | PUD-6219 | Perkembangan Anak II (5-8 Tahun) | 2 | 2 | 3 | |||||||||
30 | PUD-6220 | Pengelolaan Kelas dan Lingkungan Belajar PIAUD | 2 | 2 | 3 | |||||||||
31 | PUD-6221 | Asesmen Anak Usia Dini | 2 | 2 | 5 | |||||||||
32 | PUD-6418 | Manajemen Pendidikan PIAUD | 4 | 4 | 5 | |||||||||
33 | PUD-6223 | Pengembangan Fisik Motorik | 2 | 2 | 5 | |||||||||
34 | PUD-6404 | Statistik Pendidikan | 4 | 4 | 5 | |||||||||
35 | PUD-6225 | Gizi dan Kesehatan | 2 | 2 | 6 | |||||||||
36 | PUD – 6226 | Metodologi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini | 2 | 2 | 6 | |||||||||
37 | PUD – 6227 | Matematika dan Sains Anak Usia Dini | 2 | 2 | 6 | |||||||||
38 | PUD – 6228 | Pengembangan Seni Drama, Musik, dan Tari Koreografi (Sendratasik) | 2 | 2 | 6 | |||||||||
39 | PUD – 6229 | Pengembangan Kreativitas dan Pembelajaran Menggambar Anak Usia Dini | 2 | 2 | 6 | |||||||||
40 | PUD – 6231 | Pengembangan Sosial dan Emosi | 2 | 2 | 6 | |||||||||
41 | PUD – 6432 | Pengembangan Agama dan Moral | 2 | 2 | 6 | |||||||||
42 | ||||||||||||||
43 | ||||||||||||||
Jumlah | 100 | |||||||||||||
MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETERAMPILAN (MKK)
Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) | |||||||||||||||||||||
NO | KODE | MATA KULIAH | RINCIAN SKS | SEMESTER | |||||||||||||||||
T | P | L | JML | GS | GN | ||||||||||||||||
1 | PUD6235 | Dasar-dasar Kaligrafi | 2 | 2 | 3 | ||||||||||||||||
2 | PUD6229 | Mendongeng | 2 | 2 | 3 | ||||||||||||||||
3 | PUD6230 | Seminar Proposal Skripsi | 2 | 2 | 6 | ||||||||||||||||
4 | PUD6637 | Skripsi | 6 | 6 | 8 | ||||||||||||||||
Jumlah | 12 | ||||||||||||||||||||
Mata Kuliah Sikap dan Perilaku Berkarya (MSPB) |
|||||||||||||||||||||
NO | KODE | MATA KULIAH | RINCIAN SKS | SEMESTER | PRASARAT | ||||||||||||||||
T | P | L | JML | GS | GN | ||||||||||||||||
1 | PUD-6223 | Micro teaching | 2 | 4 | 6 | Manajemen Pendidikan PIAUD, Pengelolaan Kelas Dan Lingkungan Belajar AUD, Pengembangan APE, Asesment Anak Usia RA | |||||||||||||||
2 | PUD-6436 | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/Teaching Internship | 4 | 4 | 7 | Dasar-dasar Manajemen Pendidikan, Micro Teaching | |||||||||||||||
3 | PUD-6412 | Kewirausahaan (Desain Program Parenting) | 1 | 1 | 2 | 4 | 2 | ||||||||||||||
Jumlah | 12 | ||||||||||||||||||||
Mata Kuliah Kehidupan Bermasyarakat (MBB) | |||||||||||||||||||||
NO | KODE | MATA KULIAH | RINCIAN SKS | SEMESTER | PRASARAT | ||||||||||||||||
T | P | L | JML | GS | GN | ||||||||||||||||
1 | UIN6415 | KKN | 4 | 4 | 7 | Harus sudah menempuh 120 SKS | |||||||||||||||
Jumlah | 4 | ||||||||||||||||||||
Paket Mata Kuliah Pilihan | |||||||||||||||||||||
NO | KODE | MATA KULIAH | RINCIAN SKS | SEMESTER | |||||||||||||||||
T | P | L | JML | GS | GN | ||||||||||||||||
1 | PUD-6437 | Dasar-dasar Menggambar | 2 | 2 | |||||||||||||||||
2 | PUD-6439 | Praktik Bahasa Arab | 4 | 2 | |||||||||||||||||
3 | PUD-6440 | Praktik Bahasa Inggris | 4 | 2 | |||||||||||||||||
4 | PUD-6241 | Bridging | 2 | 2 | |||||||||||||||||
5 | PUD-6242 | Public Speaking | 2 | 2 | |||||||||||||||||
JUMLAH | 14 | ||||||||||||||||||||
DISTRIBUSI MATA KULIAH DALAM PROGRAM SEMESTER
Semester 1
NO | KODE MK | NAMA MATA KULIAH | SKS |
1 | UIN – 6201 | Sejarah Peradaban Islam | 2 |
2 | UIN – 6202 | Ulum al-Qur’an | 2 |
3 | UIN – 6203 | Ilmu Tauhid | 2 |
4 | UIN – 6210 | Bahasa Arab (Istma’ dan kalam) | 2 |
5 | FIT – 6201 | Ilmu Pendidikan | 2 |
6 | PUD – 6201 | Psikologi Perkembangan | 2 |
7 | PUD – 6402 | Konsep Dasar Pendidikan Islam Anak Usia Dini | 4 |
8 | PUD – 6203 | Kurikulum Pendidikan Islam Anak Usia Dini | 2 |
9 | PUD – 6204 | BTA untuk Pendidikan Islam Anak Usia Dini | 2 |
Jumlah | 20 |
Semester 2
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | UIN – 6209 | Bahasa Indonesia | 2 |
2 | UIN – 6212 | Bahasa Inggris (Listening and speaking) | 2 |
3 | FIT – 6202 | Tafsir dan Hadits Tarbawi | 2 |
4 | FIT – 6203 | Psikologi Pendidikan | 2 |
5 | PUD – 6205 | Pendidikan Anak dalam Keluarga | 2 |
6 | PUD – 6406 | Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini | 4 |
7 | PUD – 6207 | Bermain dan Permainan | 2 |
8 | PUD – 6208 | Pengembangan Kognitif dan Bahasa | 2 |
9 | PUD – 6409 | Pengembangan APE | 4 |
Jumlah | 22 |
Semester 3
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | UIN – 6204 | Ilmu Fiqh | 2 |
2 | UIN – 6205 | Akhlaq Tasawuf | 2 |
3 | UIN – 6206 | Ulum al-Hadis | 2 |
4 | UIN – 6211 | Bahasa Arab (Qiro’ah dan kitabah) | 2 |
5 | UIN – 6214 | Filsafah kesatuan ilmu | 2 |
6 | PUD – 6210 | Permasalahan Anak Usia Dini | 2 |
7 | PUDP – 6411 | Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus | 4 |
8 | PUD – 6412 | Kewirausahaan (Teacher Preuneur} | 4 |
9 | FIT – 6204 | Filsafat Pendidikan Islam | 2 |
Jumlah | 22 |
Semester 4
5NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | UIN – 6207 | Pendidikan Pancasila | 2 |
2 | UIN – 6208 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 |
3 | UIN – 6213 | Bahasa Inggris (Reading and Writing) | 2 |
4 | FIT – 6404 | Statistik Pendidikan | 4 |
5 | PUD – 6213 | Metodologi Penelitian Pendidikan | 2 |
6 | PUD – 6214 | Perkembangan Anak I (Lahir-4 Tahun) | 2 |
7 | PUD – 6215 | Neurosains dalam Pembelajaran | 2 |
8 | PUD – 6416 | Pemberdayaan Masyarakat dalam Penyelenggaraan PIAUD | 4 |
9 | PUD – 6417 | Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak | 4 |
Jumlah | 24 |
Semester 5
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | FIT – 6205 | Dasar-dasar Manajemen Pendidikan | 2 |
2 | PUD – 6418 | Manajemen Pendidikan Islam Anak Usia Dini | 4 |
3 | PUD – 6219 | Perkembangan Anak II (5-8 Tahun) | 2 |
4 | PUD – 6220 | Pengelolaan Kelas dan Lingkungan Belajar PIAUD | 2 |
5 | PUD – 6221 | Asesmen Anak Usia Dini | 2 |
6 | PUD – 6422 | Praktik Ibadah | 4 |
7 | PUD – 6223 | Pengembangan Fisik Motorik | 2 |
8 | PUD – 6224 | Gizi dan Kesehatan | 2 |
Jumlah | 22 |
Semester 6
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | PUD – 6225 | Metodologi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini | 2 |
2 | PUD – 6226 | Matematika dan Sains Anak Usia Dini | 2 |
3 | PUD – 6227 | Pengembangan Seni Drama,Tari, Musik. (Sendratasik) dan mendongeng. | 2 |
4 | PUD – 6228 | Pengembangan Kreativitas dan Pembelajaran Menggambar Anak Usia Dini | 2 |
5 | PUD – 6229 | Seminar Proposal Skripsi | 2 |
6 | PUD – 6230 | Pengembangan Sosial dan Emosi | 2 |
7 | PUD – 6231 | Pengembangan Agama dan Moral | 2 |
8 | PUD – 6432 | Micro Teaching | 4 |
9 | PUD – 6233 | Pembelajaran Kelompok Bermain | 2 |
10 | PUD – 6234 | Dasar-dasar Kaligrafi | 2 |
Jumlah | 22 |
Semester 7
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | PUD – 6435 | PPL | 4 |
2 | PUD – 6636 | Skripsi | 6 |
Jumlah | 10 |
*) Pilih salah satu
Semester 8
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | UIN – 6415 | Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) | 4 |
Jumlah | 4 |
Rekapitulasi Distribusi Mata Kuliah
NO | SEMESTER | SKS |
1 | Semester 1 | 20 |
2 | Semester 2 | 22 |
3 | Semester 3 | 22 |
4 | Semester 4 | 24 |
5 | Semester 5 | 22 |
6 | Semester 6 | 22 |
7 | Semester 7 | 10 |
8 | Semester 8 | 4 |
Jumlah | 146 |
PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.
- Interaktif berarti bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih dengan mengutamakan proses interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen.
- Holistik berarti bahwa proses pembelajaran mendorong terbentuknya pola pikir yang komprehensif dan luas dengan menginternalisasi keunggulan dan kearifan lokal maupun nasional.
- Integratif berarti bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang terintegrasi untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan secara keseluruhan dalam satu kesatuan program melalui pendekatan antar disiplin dan multidi
- Saintifik berarti bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pendekatan ilmiah sehingga tercipta lingkungan akademik yang berdasarkan sistem nilai, norma,dan kaidah ilmu pengetahuan serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan kebangsaan.
- Kontekstual berarti bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan kemampuan menyelesaikan masalah dalam ranah keahliannya.
- Tematik berarti bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik keilmuan program studi dan dikaitkan dengan permasalahan nyata melalui pendekatan
- Efektif berarti bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih secara berhasil guna dengan mementingkan internalisasi materi secara baik dan benar dalam kurun waktu yang optimum.
- Kolaboratif berarti bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran bersama yang melibatkan interaksi antar individu pembelajar untuk menghasilkan kapitalisasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
- Berpusat pada mahasiswa sebagaimana dimaksud bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
- Prinsip Penilaian
- Penilaian menerapkan prinsip edukatif, otentik, objektif, akuntabel, dan transparan yang dilakukan secara terintegrasi.
- Prinsip edukatif adalah penilaian yang memotivasi mahasiswa agar mampu memperbaiki perencanaan dan cara belajar dan meraih capaian pembelajaran lulusan.
- Prinsipotentik adalah penilaian yang berorientasi pada proses belajar yang berkesinambungan dan hasil belajar yang mencerminkan kemampuan mahasiswa pada saat proses pembelajaran berlangsung.
- Prinsip objektif adalah penilaian yang didasarkan pada stándar yang disepakati antara dosen dan mahasiswa serta bebas dari pengaruh subjektivitas penilai dan yang dinilai.
- Prinsip akuntabel adalah penilaian yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan criteria yang jelas, disepakati pada awal kuliah, dan dipaham ioleh mahasiswa.
- Prinsip transparan adalah penilaian yang prosedur dan hasil penilaiannya dapat diakses oleh semua pemangku kepentingan.
- Teknik dan Instrumen Penilaian
- Teknikpenilaian terdiri atas observasi, partisipasi, unjuk kerja,tes tertulis,tes lisan, dan angket.
- Instrumen penilaian atas penilaian proses dalam bentuk rubric dan/atau penilaian hasil dalam bentuk portofolio atau karya desain.
- Penilaian sikap dapat menggunakan teknik penilaian observasi.
- Penilaian penguasaan pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus dilakukan dengan memilih satu atau kombinasi dari berbagi teknik dan instrumen penilaian sebagaimana dimaksud pada nomer satu dan dua.
- Hasil akhir penilaian merupakan integrasi antara berbagai teknik dan instrumen penilaian yang digunakan.
- Mekanisme dan Prosedur Penilaian
- menyusun,menyampaikan,menyepakati tahap,teknik,instrumen, kriteria, indikator, dan bobot penilaian antara penilai danyang dinilai sesuai dengan rencana pembelajaran;
- melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap,teknik,instrumen, kriteria, indikator, dan bobot penilaian yang memuat prinsip penilaian;
- memberikan umpan balik dan kesempatan untuk mempertanyakan hasil penilaian kepada mahasiswa; dan
- Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa secara akuntabel dan transparan.
- Pelaksanaan Penilaian
- Pelaksanaan penilaian sesuai dengan rencana pembelajaran.
- Penilaian dapatdilakukan oleh:
- dosen pengampu atau timdosen pengampu;
- dosen pengampu atau tim dosen pengampu dengan mengikut sertakan mahasiswa; dan/atau
- Dosen pengampu atau tim dosen pengampu dengan mengikutsertakan pemangku kepentingan yang relevan.
- Pelaksanaan penilaian
- Pelaporan Penilaian
- Pelaporan penilaian berupa kualifikasi keberhasilan mahasiswa dalam menempuh suatu mata kuliah yang dinyatakan dalam kisaran:
- huruf A setara dengan angka 4(empat)berkategori sangat baik;
- huruf B setara dengan angka 3 (tiga) berkategori baik;
- huruf C setara dengan angka 2 (dua) berkategori cukup;
- huruf D setara dengan angka 1 (satu) berkategori kurang; atau
- huruf E setara dengan angka 0(nol) berkategori sangat k
- Perguruan tinggi dapat menggunakan huruf antara danangkaantara untuk nilai pada kisaran 0 (nol) sampai 4 (empat).
- Hasil penilaian diumumkan kepada mahasiswa setelah satu tahap pembelajaran sesuai dengan rencanapembelajaran.
- Hasil penilaian capaian pembelajaran lulusan di tiap semester dinyatakan dengan indeks prestasi semester (IPS).
- Hasil penilaian capaian pembelajaran lulusan pada akhir program studi dinyatakan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK).
- Indeks prestasi semester (IPS) sebagaimana dimaksud pada nomer empat dinyatakan dalam besaran yang dihitung dengan cara menjumlahkan perkalian antara nilai huruf setiap mata kuliah yang ditempuh dan sks mata kuliah bersangkutan dibagi dengan jumlah sks mata kuliah yang diambil dalam satu semester.
- Indeks prestasi kumulatif (IPK) sebagaimana dimaksud pada nomer (5) dinyatakan dalam besaran yang dihitung dengan cara menjumlahkan perkalian antara nilai huruf setiap mata kuliah yang ditempuh dan sks mata kuliah bersangkutan dibagi dengan jumlah sks mata kuliah yang diambil yang telah ditempuh.
- Mahasiswa berprestasi akademik tinggi sebagaimana dimaksud pada nomer ayat (5) adalah mahasiswa yang mempunyai indeks prestasi semester (IPS) lebih besar dari 3,50 (tiga koma lima nol) dan memenuhi etika akademik.
Ekuivalensi Nilai & Bobot untuk Sistem PAK dan PAN
Persentase (PAK) | Skor Z (PAN) | NILAI | BOBOT |
≥80 | ≥1,0 | A | 4,0 |
79 | 0,9 | B+ | 3,9 |
78 | 0,8 | B+ | 3,8 |
77 | 0,7 | B+ | 3,7 |
76 | 0,6 | B+ | 3,6 |
75 | 0,5 | B+ | 3,5 |
74 | 0,4 | B | 3,4 |
73 | 0,3 | B | 3,3 |
72 | 0,2 | B | 3,2 |
71 | 0,1 | B | 3,1 |
70 | 0,0 | B | 3,0 |
69 | -0,1 | C+ | 2,9 |
68 | -0,2 | C+ | 2,8 |
67 | -0,3 | C+ | 2,7 |
66 | -0,4 | C+ | 2,6 |
65 | -0,5 | C+ | 2,5 |
64 | -0,6 | C | 2,4 |
63 | -0,7 | C | 2,3 |
62 | -0,8 | C | 2,2 |
61 | -0,9 | C | 2,1 |
60 | -1,0 | C | 2,0 |
59 | -1,1 | D+ | 1,9 |
58 | -1,2 | D+ | 1,8 |
57 | -1,3 | D+ | 1,7 |
56 | -1,4 | D+ | 1,6 |
55 | -1,5 | D+ | 1,5 |
54 | -1,6 | D | 1,4 |
53 | -1,7 | D | 1,3 |
52 | -1,8 | D | 1,2 |
51 | -1,9 | D | 1,1 |
50 | -2,0 | D | 1,0 |
≤49 | ≤-2,0 | E | 0,0 |
- Kelulusan Mahasiswa
- Mahasiswa program diploma dan program sarjana dinyatakan lulus apabila telah menempuh seluruh beban belajar yang ditetapkan dan memiliki capaian pembelajaran lulusan yang ditargetkan oleh program studi dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) lebih besaratausamadengan2,00(dua koma nol).
- Kelulusan mahasiswa dari program diploma dan program sarjana dinyatakan dengan predikat memuaskan, sangat memuaskan,atau pujian dengan kriteria:
- Mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan apabila mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) 2,76 (dua koma tujuh enam) sampai dengan 3,00 (tiga koma nol);
- Mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan apabila mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,01 (tiga koma nol satu) sampai dengan 3,50 (tiga koma lima nol); atau
- Mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat pujian apabila mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) lebih dari 3,50 (tiga koma nol).
- Sumber Belajar
Sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran di Prodi PIAUD adalah:
- Sarana cetak, seperti: buku, brosur, majalah, surat kabar, poster, lembar informasi lepas, naskah brosur, peta, dan foto.
- Sarana elektronik : lab computer
- Lingkungan: alam, sosial, budaya, sekolah/madrasah, dan siswa
- Internet: Wifi, Lans
DAFTAR DOSEN TETAP PRODI PIAUD
No. | Nama & NIDN | Tgl. Lahir | Jabatan Akademik | Pendidikan dan Asal Universitas | Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) |
1 | H. Mursid, M.Ag
2005036701 |
Demak,
5 Maret 1967 |
Lektor | S1 IAIN walisongo semarang
S2 IAIN walisongo semarang |
Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam |
2 | Drs. H. Muslam, M.Ag.,M.Pd.
2005036602 |
Jepara,
5 Maret 1966 |
Lektor Kepala | S1 IAIN walisongo semarang
S2 IAIN walisongo semarang
S2 UNES
S2 UNES |
Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam
Manajemen Pendidikan
Manajemen Pendidikan |
3 | Dr. Agus Sutiyono. M.Ag. M.Pd
2010077306
|
Cilacap,
10 Juli 1973 |
Lektor | S1-STAIN Purwokerto
S2 IAIN Sunan Kalijaga,
S3 UNY |
PAI
Pendidikan Islam
Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
4 | Sofa Muthohar. M.Ag
2005077502
|
Banyumas,
5 Juli 1975 |
Lektor | S1 IAIN walisongo semarang
S2 IAIN walisongo semarang
S3 UINWalisongo |
Tafsir Hadits
Pendidikan Islam
Islamic studi |
5 | Agus Khunaifi. M.Ag
2026027602 |
Brebes,26 Februari 1976 | Lektor | S1 IAIN walisongo semarang
S2 IAIN walisongo semarang
S3 UINWalisongo |
Tafsir Hadits
Pendidikan Islam
Islamic studi |
6 | Dr.Dwi Istyani
2023067502 |
Brebes,23 Juni 1975 | Lektor | IAIN SUKA Yogyakarta
IAIN SUKA Yogyakarta
UNY |
Sejarah Dan Kebudayaan Islama
Sejarah Pendidikan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
7 | Mustakimah. M.Pd
2002037903 |
Demak, 2 Maret1979 | Asisten Ahli | IAIN walisongo Semarang, IKIP Veteran Semarang
UNNES |
PAI
PG PAUD PAUD |
8 | Lilif Muallifatul Khorida.F. M.Pd.I
2015128806 |
Semarang, 15 Desember 1988 | Asisten Ahli | IAIN walisongo Semarang,
UIN SUKA Yogyakarta
|
MPI
PGRA |
9 | Abdulloh, M. Pd.
2025057606 |
Tegal, 25 Mei 1976 | Asisten Ahli | IAIN walisongo Semarang,
UNNES |
SIYASAH JINAYAH
PENDIDIKAN SENI |
10 | Qorby Haqqul Adam, S. Pd., M. Or.
2002099006 |
SEMARANG, 2 SEPTEMBER 1990 | Asisten Ahli | UNNES
UNS SURAKARTA |
PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAH RAGA
ILMU KEOLAHRAGAAN |
11 | Dra. Srijatun, M.S.I
2009095206 |
Tegal, 9 September 1952 | Lektor Kepala | UPS Tegal
UII Yogyakarta |
Psikologi pendidikan dan Bimbingan
Studi Islam |