Home / Uncategorized / PROFIL DAN KOMPETENSI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

PROFIL DAN KOMPETENSI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

PROFIL DAN KOMPETENSI

PROGRAM STUDI

PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

UIN WALISONGO SEMARANG

 

 

 

 

 

 PROFIL& KOMPETENSI

PROGRAM STUDI

PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

 

 

 

 

TIM PENYUSUN:

Dr. H. Raharjo, M.Ed. St. (Pengarah)

Prof. Dr. H. Fatah Syukur, M. Ag. (Penanggung jawab)

  1. Mursid, M.Ag. (Ketua)

Drs.H. Muslam, M.Ag., M. Pd.(Anggota)

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI PIAUD

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

UIN WALISONGO SEMARANG

TAHUN 2016

 

 

Kata Pengantar

Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Bismillahirrahmanirrahim.Alhamdulillah robil ‘alamiin, puji syukur atas rahmat dan hidayah Allah SWT, Allah Yang Maha Pengatur segalanya. Salawat dan salam senantiasa disanjungkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW.

Seiring dengan transformasi IAIN Walisongo menjadi UIN Walisongo, maka Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Prodi PIAUD) UIN Walisongo mengembangkan berbagai program layanan, yakni layanan pendidikan di RA dan juga di TK. Hal itu disebabkan karena tuntutan masyarakat muslim di Indonesia terhadap profesionalitas sumber daya manusia bermutu tinggi dalam bidang keilmuan dan keislaman anak usia dini tidak dapat dibendung, oleh karena itu terkait dengan bidang tersebut Prodi PIAUD memberikan muatan materi agama kepada para mahasiswa lebih bamyak.

Prodi PIAUD merupakan salah satu program studi berbasis pada monodisipliner yaitu pendidikan Anak Usia Dini. Prodi PIAUD berfokus pada peningkatan sumber daya manusia dalam bidang Pendidikan untuk Anak Usia dini, sebagai calon pendidik Anak Usia dini, peneliti Perkembangan anak usia dini, penulis Buku anak usia dini enterpreneur  yang berkaitan dengan pengembangan anak usia dini .

Pengembangan kurikulum Prodi PIAUD dilakukan dalam kerangka paradigma unity of science (kesatuan ilmu pengetahuan) untuk kemanusiaan dan peradaban yang menjadi visi UIN Walisongo Semarang. Strategi pengembangannya dilakukan integrasi pengkajian ilmu tentang anak usia dini melalui humanisasi ilmu-ilmu agama, spiritualisasi sains dan IPTEK, dan revitalisasi kearifan lokal.

Buku profil dan kompetensi Prodi PIAUD ini dimaksudkan untuk menjelaskan dan mensosialisasikan pada seluruh stakeholder dan masyarakat pada umumnya tentang visi, misi, tujuan, serta kurikulum Prodi PIAUD UIN Walisongo Semarang, sehingga mereka dapat memahami dengan baik keberadaan Prodi PIAUD ini.

Buku Profil dan Kompetensi Program Studi PIAUD ini disusun berdasarkan pada berbagai regulasi yang berlaku di UIN Walisongo dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

Akhirnya, terima kasih setinggi-tingginya disampaikan kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi pada penyusunan buku ini, terutama pada Ketua Prodi PIAUD, Sekretaris Prodi PIAUD, Gugus KendaliMutu Prodi PIAUD, Ketua HMJ PIAUD . Semoga buku ini bermanfaat bagi seluruh Stakeholder dan masyarakat di seluruh Indonesia.

 

STRUKTUR PENGELOLA

PRODI PENDIDIKAN PIAUD

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

UIN WALISONGO SEMARANG

 

 

DEKAN

Dr. H. Raharjo, M. Ed. St.

Wadek 1

Prof. Dr. H. Fatah Syukur, M. Ag.

Wadek 2

  1. Ahmad Muthohar, M. Ag.

Wadek 3

Wahyudi, M. Pd.

Ketua Prodi PIAUD

  1. Mursid, M. Ag.

Sekretaris Prodi PIAUD

Drs, H. Muslam, M.Ag., M. Pd.

Gugus Kendali Mutu Prodi PIAUD

Agus Sutiyono, M.Ag., M. Pd

 

DAFTAR ISI

 

Tim Penyusun   i
Kata Pengantar   ii
Struktur Pengelola   iv
Daftar Isi   v
Visi, Misi dan Tujuan   1
Profil Lulusan   7
Profil Pimpinan dan Dosen   8
Kompetensi Lulusan   21
Pengembangan Kurikulum   25
Komponen Kurikulum   26
Deskripsi Kualifikasi Level 6 KKNI   27
Struktur kurikulum Prodi PIAUD   31
Distribusi Makul dan SKSnya   32
Distribusi Makul dalam Program Semester   42
Pendekatan dan Metode Pembelajaran   48
Penilaian Pembelajaran   50
Daftar Dosen Tetap   58

 


VISI, MISI, DAN TUJUAN UIN WALISONGO

VISI

Universitas Islam Riset Terdepan Berbasis pada Kesatuan Ilmu Pengetahuan untuk Kemanusiaan dan Peradaban.

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran IPTEKS berbasis kesatuan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan lulusan profesional dan berakhlak Al-karimah;
  • Meningkatkan kualitas penelitian untuk kepentingan Islam, ilmu dan masyarakat;
  • Menyelenggarakan pengabdian yang bermanfaat untuk pengembangan masyarakat;
  • Menggali, mengembangkan, dan menerapkan nilai-nilai kearifan lokal;
  • Mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga dalam skala regional, nasional, dan internasional;
  • Mewujudkan tata pengelolaan kelembagaan profesional berstandar internasional.

 

 

TUJUAN

  • Melahirkan lulusan yang memiliki kapasitas akademik dan profesional dengan keluhuran budi yang mampu menerapkan dan mengembangkan kesatuan ilmu pengetahuan;
  • Mengembangkan riset dan pengabdian kepada masyarakat yang kontributif bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dalam beragama, berbangsa, dan bernegara.

 

 

VISI, MISI, DAN TUJUAN FAKULTAS

VISI

Model Pendidikan Islam Unggul Berbasis Kesatuan Ilmu di ASEAN Tahun 2030

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bidang pendidikan berbasis kesatuan ilmu untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berakhlak mulia;
  • Meningkatkan kualitas riset bidang pendidikan untuk kepentingan Islam, ilmu dan masyarakat;
  • Menyelenggarakan pengabdian bidang pendidikan yang bermanfaat untuk mengembangkan masyarakat;
  • Menggali, mengembangkan, dan menerapkan nilai-nilai kearifan lokal dalam bidang pendidikan;
  • Mewujudkan tata kelola kelembagaan pendidikan yang profesional dan berstandar nasional;
  • Mengembangkan kerjasama bidang pendidikan dengan berbagai lembaga regional,nasional, dan internasional.

 

 

TUJUAN

  • Menghasilkan lulusan bidang pendidikan yang memiliki kompetensi akademik dan profesional dengan kemuliaan akhlak yang mampu menerapkan dan mengembangkan kesatuan ilmu;
  • Menghasilkan riset dan karya pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan yang kontributif untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dalam beragama, berbangsa, dan bernegara.


 

VISI, MISI, DAN TUJUAN PRODI PIAUD

VISI

  • Program Studi Unggul, Qur’ani dan Mandiri Dalam Bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini berbasis kesatuan ilmu di Tingkat Nasional Tahun 2025

 

MISI TUJUAN PIAUD

  1. Menumbuhkembangkan budaya belajar yang partisipatif, kreatif, tanggungjawab dan qur’ani.
  2. Mendidik mahasiswa menjadi calon guru PIAUD yang profesional berbasis kesatuan ilmu.
  3. Menumbuhkan jiwa curiousity (rasa ingin tahu) yang partisipatif dan kolaboratif dalam mengembangkan penelitian bidang PIAUD berbasis kesatuan ilmu sehingga mempunyai keunggulan di tingkat nasional.
  4. Menumbuhkan pengabdian pada masyarakat dengan lembaga pendidikan PIAUD dan Satuan PAUD Sejenis (SPS) di tingkat Lokal dan Nasional.
  5. Melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga di tingkat lokal, nasional untuk mendukung ketercapaian visi
  6. Membangun citra positif masyarakat terhadap program studi PIAUD yang Unggul, Qur’ani dan Mandiri berbasis kesatuan ilmu.

 

 

TUJUAN PIAUD

  1. Terwujudnya sistem pembelajaran dengan pendekatan aktif learning yang dapat membentuk mahasiswa yang partisipatif, kreatif, tanggung jawab dan qur’ani berbasis kesatuan ilmu.
  2. Terwujudnya lulusan PIAUD yang profesional berbasis kesatuan ilmu.
  3. Dihasilkannya penelitian partisipatif dan kolaboratif dalam bidang Pendidikan Guru PIAUD
  4. Tercapainya pengabdian pada masyarakat dengan lembaga pendidikan PAUD dan Satuan PAUD Sejenis (SPS) di tingkat Lokal dan Nasional.
  5. Kerjasama dengan berbagai lembaga/organisasi profesional di tingkat local dan nasional untuk mendukung ketercapaian visi
  6. Terbangunnya citra positif masyarakat terhadap program studi PIAUD yang Unggul, Qur’ani dan Mandiri berbasis kesatuan ilmu

PROFIL LULUSAN

  1. PROFIL LULUSAN UTAMA

Lulusan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah pendidik pada RA/BA/TK yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, berkemampuan dalam melaksanakan tugas pembelajaran yang mendidik, Islami dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi

 

 

  1. PROFIL LULUSAN TAMBAHAN

Profil tambahan lulusan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah calon Peneliti khusus perkembangan AUD, Penulis buku AUD, Enterpreuner yang berhubungan dengan pengembangan anak usia dini serta mampu menerapkan pengetahuan dan teknologi berbasis integrasi keilmuan dan keislaman serta bertanggungjawab terhadap pelaksanaan tugas yang berlandaskan etika keilmuan dan profesi.

 


 

PROFIL PIMPINAN DAN DOSEN PRODI PIAUD

BIODATA KAJUR PIAUD

 

 

 

 

 

 

 

 

Nama Lengkap : H. Mursid, M. Ag
Tempat/Tgl Lahir : Demak, 5 Maret 1967
NIP : 196703052001121001
NIDN : 2005036701
Pangkat/Golongan : Penata Tk 1/III/d
Jabatan Fungsional : Lektor
Alamat Rumah : Tambakharjo RT.03 RW.I Semarang
Alamat Email : mursid@walisongo.ac.id
No. HP : 08157721315
Pendidikan Terakhir : S2 Pendidikan Islam
Penghargaan : Satya Lancana Karya Satya X Tahun 2017
Pengalaman Organisasi : 1.    Pengurus HIMPAUDI Provinsi Jawa Tenagh Bid. Humas

2.    Pengurus IGRA Provinsi Jawa Tenagh

3.    Pengurus Forum PAUD Provinsi Jawa Tenagh Bid. Humas

4.    Pengurus IGRA Kota Semarang

5.    Pengurus LP Ma’arif Jawa Tengah

6.    Pengurus MUI Kota Semarang

7.    Pengurus JATMI DPW Jateng

     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BIODATA SEKJUR PIAUD

 

 

 

 

 

 

 

Nama Lengkap : Drs Muslam, M.Ag., M.Pd.  
Tempat/Tgl Lahir : Jepara, 5 Maret 1966  
NIP : 196603052005011001  
NIDN : 2005036602  
Pangkat/Gol : Pembina (IV/a)  
Jabatan Fungsional : Lektor Kepala  
Alamat Rumah :  Jl Tugu Lapangan H. 22 Tambakaji RT 08 RW I Ngaliyan Kota Semarang  
Alamat Email : muslam_alam@yahoo.co.id  
No. HP : 085103920913  
Pendidikan Terakhir : S3 Manajemen Pendidikan UNES  
Penghargaan :    
Pengalaman Organisasi : Pengurus PERGUNU Jawa Tengah (2013 – 2018) Wk Ketua

 

BIODATA DOSEN PIAUD

 

 

 

 

 

 

 

 

Nama Lengkap : Dr. Agus Sutiyono, M.Ag., M.Pd
Tempat/Tgl Lahir : Cilacap, 10 Juli 1973
NIP : 19730710 200501 1 004
NIDN : 2005036701
Pangkat/Golongan : Penata Tk 1/III/d
Jabatan Fungsional : Lektor
Alamat Rumah : Jl. Dr. Rajiman Gunungsimping RT 04 RW 12 Cilacap Tengag, Cilacap
Alamat Email : agus55422@gmail.com
No. HP : 081542702363
Pendidikan Terakhir : S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Penghargaan :  
Pengalaman Organisasi : Pengurus HEPI Jawa Tengah Dev Pengembangan Organisasi

Pengurus ADRI Jawa Tengah bid. Kedarmaan


 

BIODATA DOSEN PIAUD

 

 

 

 

 

 

Nama Lengkap : SOFA MUTHOHAR, MAg
Tempat/Tgl Lahir : Banyumas, 05 Juli 1075
NIP : 19750705 200501 1 001
NIDN : 20050775
Pangkat/Golongan : III/d
Jabatan Fungsional : Lektor
Alamat Rumah : Jl. Wahyu Asri Selatan .2 No 14 PerumWahyu Utomo Tambakaji galiyan Semarang
Alamat Email : sofamuthohar@walisongo.ac.id
No. HP : 08156519871
Pendidikan Terakhir : S3 Islamic studies
Penghargaan :  Pengelola Jurnal Nadwa Terakreditasi
Pengalaman Organisasi : Majlis Tabligh dan Dakwah Khusus PWM Jawa Tengah  Sekertaris

KAHMI Jawa Tengah Bid Pendidikan

Perkumpulan Harmoni Hijau Hitam Jawa Tengah Sekertaris

MASIKA ICMI Jateng

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BIODATADOSEN PIAUD

 

 

 

 

 

 

 

Nama Lengkap : Agus khunaefi
Tempat/Tgl Lahir : Brebes 26 Pebruari 1976
NIP : 19760226 200501 1 004
NIDN : 2026027602
Pangkat/Golongan : Penata Tk. I/III/D
Jabatan Fungsional : Lektor
Alamat Rumah : Perumahan PermataBeringi Blok B No. 7
Alamat Email : a.khunaifi@yahoo.co.id
No. HP : 085747332594
Pendidikan Terakhir : S3 Islamic Studi
Penghargaan :  
Pengalaman Organisasi : Pengurus MWC Kec. Ngaliyan

 

 

 

BIODATA DOSEN PIAUD

 

 

 

 

 

Nama Lengkap : Dr. Dwi Istiyani, M.Ag.
Tempat/Tgl Lahir : Brebes,23 Juni 1975
NIP : 197506232005012001
NIDN : 2023067502
Pangkat/Golongan : Penata Tk. I/III/D
Jabatan Fungsional : Lektor
Alamat Rumah : Tempel No. 1-2 Jatisari RT 04 RW 04 Mijen Kota Searang
Alamat Email : dwieistiyani@gmail.com
No. HP : 081575727312
Pendidikan Terakhir : S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UNY
Penghargaan : Satya Lancana Karya Satya X Tahun 2017
Pengalaman Organisasi : Pengurus HEPI Jawa Tengah Dev kerjasama danTemu Ilmiah

 


 

BIODATA DOSEN PIAUD

 

 

 

 

 

 

 

 

Nama Lengkap : Mustakimah, M.Pd
Tempat/Tgl Lahir : Demak, 2 Maret1979
NIP :
NIDN : 2002037903
Pangkat/Golongan : Penata /III/b
Jabatan Fungsional : Asisten Ahli
NPWP :  
Alamat Rumah : Gedangalas Kec Gajah Kab Demak
Alamat Email : mustakimah79@yahoo.com
No. HP : 082329401238
Pendidikan Terakhir : S2 PAUD
Penghargaan :  
Pengalaman Organisasi : Pengurus Himpaudi Kab Demak

 


 

BIODATA DOSEN PIAUD

 

 

 

 

 

 

 

 

Nama Lengkap : Abdulloh, M.Pd.
Tempat/Tgl Lahir : Tegal, 25 Mei 1976
NIP :
NIDN : 2025057606
Pangkat/Golongan : Penata /III/b
Jabatan Fungsional : Asisten Ahli
NPWP :  
Alamat Rumah :  
Alamat Email : abdulloh@walisongo.ac.id
No. HP : 081325341119
Pendidikan Terakhir : S2 Pendidikan Seni
Penghargaan : Comic Award: Most Conceptual Design Prize, Asian Youth Animation & Comics Contest  (YAAC) China

 

Komik “Lamafa”, Juara Harapan 1 , Kompetisi Komik Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, Jakarta (2015)

Pameran buku komik Lamafa di Frankfruit Book Fair Jerman

Pencipta Maskot Event Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (2017)

 

Pengalaman Organisasi : Kontributor Kartun Strip “CEMPLUK” pada Tabloid Cempaka- Suara Merdeka Group ( 2010 – Sekarang)

Pengelola  “Rumah Kartun Indonesia”

Pengurus PW. Ansor Jawa Tengah

 

 

 

 

BIODATA DOSEN PIAUD

 

 

 

 

 

 

 

 

Nama Lengkap : Qorby Haqqul Adam, M.Or.
Tempat/Tgl Lahir : SEMARANG, 2 SEPTEMBER 1990
NIP :  
NIDN : 2002099006
Pangkat/Golongan : Penata III/b
Jabatan Fungsional : Asisten Ahli
NPWP :  
Alamat Rumah :  
Alamat Email : palonetto_a@yahoo.com
No. HP : 085727275151
Pendidikan Terakhir : S2 Pendidikan Olah Raga
Penghargaan :  
Pengalaman Organisasi :


BIODATA DOSEN

                                                                            

 

 

 

 

Nama Lengkap : Lilif Muallifatul Khorida Failasufa, M.Pd.I
Tempat/Tgl Lahir : Semarang, 15 Desember 1988
NIP :  
NIDN : 2015128806
Pangkat/Golongan : Penata III/b
Jabatan Fungsional : Asisten Ahli
NPWP :  
Alamat Rumah :  
Alamat Email : liliffilasofa@gmail.com
No. HP : 085726205974
Pendidikan Terakhir : S2 PGRA UIN KALIJAGA
Penghargaan :  
Pengalaman Organisasi :  


KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI

Kompetensi  Utama Lulusan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah memiliki kemampuan menjadi  pendidik pada RA/BA/TK yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, berkemampuan dalam melaksanakan tugas pembelajaran yang mendidik, Islami dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi

Kompetensi  Utama Lulusan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini tersebut terdiri dari beberapa Sub kompetensi yakni:

 

  1. Mampu melaksanakan model-model pembelajaran anak usia dini RA/BA/TK.
  2. Menguasai pengetahuan dasar-dasar kependidikan untuk anak usia dini.
  3. Menguasai pengetahuan pengembangan media pembelajaran, evaluasi, perangkat pembelajaran yang diperlukan untuk mengajar pada RA/BA/TK.
  4. Mampu memanfaatkan teori neurosains dalam pembelajaran AUD, pengetahuan bermain, pengembangan permainan dan seni AUD, menguasai langkah-langkah perbaikan mutu pembelajaran secara berkelanjutan melalui penelitian tindakan kelas untuk AUD.
  5. Menguasai pengetahuan tentang kesehatan dan gizi sebagai daya dukung pengembangan potensi dan pertumbuhan fisik AUD, pengetahuan terkait dengan pendidikan inklusi, pengembangan kreativitas, pola pendidikan ABK AUD, perkembangan agama dan moral serta pembinaan akhlak pada AUD

Kompetensi utama tersebut diwujudkan dalam capaian pembelajaran program studi bidang sikap dan tataniali, bidang pengetahuan, danbidang ketrampilan.

 

Kompetensi pendukung lulusan program studi adalah memiliki enterpreuner yang berhubungan dengan pengembangan anak usia dini, calon peneliti khusus perkembangan AUD, penulis buku AUD, serta mampu menerapkan pengetahuan dan teknologi berbasis integrasi keilmuan dan keislaman dan bertanggungjawab terhadap pelaksanaan tugas yang berlandaskan etika keilmuan dan profesi.

KOMPETENSI PENDUKUNG

Empat Kompetensi yang Harus Dimiliki Pendidik PAUD

Adapun kompetensi dasar pendidik PAUD yang perlu dimiliki yakni: Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik, serta Kompetensi Sosial.

KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK PAUD

  1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
  2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
  3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik.
  5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaran kegiatan pengembangan yang mendidik.
  6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
  7. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan sntun dengan peserta didik.
  8. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
  9. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
  10. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran

KOMPETENSI KEPRIBADIAN

  1. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.
  2. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
  3. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
  4. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi pendidik, dan rasa percaya diri.
  5. Menjunjung tinggi kode etik profesi pendidik.

KOMPETENSI SOSIAL

  1. Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
  2. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
  3. Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya.
  4. Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.

KOMPETENSI PROFESIONAL

  1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuwan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
  2. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
  3. Mengembangakn materi pelajaran yang diampu secara kreatif.
  4. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
  5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

Selain kompetensi sebagai seorang guru lulusan prodi PIAUD juga  memiliki  kompetensi  pengelola   PAUD   atau Kompetensi  Manajerial, yakni :

 

  1. Mengelola dan mengembangkan lembaga dalam pelayanan pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan.
  2. Mengkoordinasi pendidik dan tenaga kependidikan lain dalam lembaga.
  3. Mengelola sarana dan prasarana sebagai aset lembaga.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGEMBANGAN KURIKULUM

 

  1. Penyusunan / pengembangan kurikulum Program Studi PIAUD dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan ilmu, kemanfaatan / relevansi, minat dan bakat mahasiswa, menyeluruh, dan sistemik, serta memperhatikan hasil pengkajian empirik.
  2. Penyusunan/pengembangan kurikulum Program Studi PIAUD juga dilakukan dengan memperhatikan perkembangan dunia pendidikan Tinggi Nasional (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).
  3. Pengembangan Kurikulum Program Studi PIAUD dilakukan dalam kerangka paradigma Unity of Science untuk kemanusiaan dan peradaban.

 

BEBAN DAN MASA STUDI MAHASISWA

 

Beban studi mahasiswa Program Studi PIAUD adalah minimal 148 sks, dengan masa studi 8 semester. Beban Studi Prodi PIAUD FITK UIN Walisongo Semarang diperoleh dari kegiatan perkuliahan, praktikum, dan tugas akhir.

 

 

KOMPONEN KURIKULUM

 

  1. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi.
  2. Komponen kurikulum terdiri dari: capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian.
  3. Capaian pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja.
  4. Bahan kajian dimaksudkan sebagai isi kurikulum yang berhubungan dengan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan yang harus dimiliki peserta didik.
  5. Proses pembelajaran adalah proses interaksi mahasiswa dengan dosen dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
  6. Penilaian merupakan proses berkelanjutan tentang pengumpulan dan penafsiran informasi untuk menilai keputusan-keputusan yang dibuat dalam merancang suatu sistem pembelajaran.

 

DESKRIPSI KUALIFIKASI LEVEL 6 KKNI

  1. Deskripsi Umum

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut:

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  • Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia;
  • Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain;
  • Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

 

 

  1. Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana (S1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • Kemampuan di Bidang Kerja

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi, kemampuan yang dimiliki adalah:

  1. Mampu merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik AUD dan keilmuan AUD serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  2. Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran untuk anak usia dini yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
  3. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam pembelajaran melalu bermaian yang menyenangkan.
  4. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang Pembelajaran pada anak usia dini serta mempublikasikan hasilnya.
  • Kemampuan di Bidang Pengetahuan

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural, kemampuan yang dimiliki:

  1. Menguasai konsep didaktik -metodik pembelajaran anak usia dini serta mampu untuk melaksanakan dalam pembelajaran yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  2. Menguasai konsep teoritis pembelajaran pada anak usia dini dan metode yang mendukung pembelajaran yang menyenangkan.
  3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pada anak usia dini .
  4. Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran pada anak usia dini.
  5. Menguasai metodologi penelitian yang berhubungan dengan pendidikan anak usia
  • Kemampuan Manajerial

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok, kemampuan yang dimiliki:

  1. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.
  2. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan sekolah dan lembaga pendidikan yang dipercayakan kepadanya dengan penuh tanggungjawab.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam penyelenggaraan pendidikan yang relevan.
  4. Mampu mengkaji data dan informasi untuk menentukan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada di bidang pendidikan secara mandiri dan kelompok sebagai dasar pengambilan keputusan.

 

 

 STRUKTUR KURIKULUM PRODI PIAUD

NO JENIS MATA KULIAH SKS
1 Mata Kuliah Landasan Kepribadian (MLK) 16
2 Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) 100
3 Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) 12
4 Mata Kuliah Sikap dan Perilaku Berkarya (MSPB) 12
5 Mata Kuliah Kehidupan Bermasyarakat (MBB) 4
6 Mata Kuliah Pilihan 4
Jumlah 148

 

 

 

 

 

 

 

 

distribusi mata kuliah dan jumlah sksnya

Mata Kuliah Landasan Kepribadian (MLK)

NO KODE MATA KULIAH RINCIAN SKS SEMESTER
T P L JML GS GN
1 UIN6201 Akhlaq Tasawuf 2     2   4
2 UIN6202 Ilmu Fiqh 2     2   4
3 UIN6204 Pendidikan kewarganegaraan 2     2 1  
4 UIN6205 Ilmu Tauhid 2     2   6
5 UIN6206 Ulum Al-Qur’an 2     2 1  
6 UIN6207 Ulum al-Hadis 2     2 3  
7 UIN6203 Pendidikan Pancasila 2     2   2
8 UIN6214 Bahasa Indonesia 2     2   6
Jumlah 16    

 

 

 

 

Mata Kuliah Landasan Kepribadian (MLK) PIAUD

 

NO

KODE MATA KULIAH RINCIAN SKS SEMESTER
T P L JML GS GN
1 UIN-6205 Akhlaq Tasawuf 2     2   4
2 UIN-6204 Ilmu Fiqh 2     2   4
3 UIN-6208 Pendidikan kewarganegaraan 2     2 1  
4 UIN-6203 Ilmu Tauhid 2     2   6
5 UIN-6202 Ulum Al-Qur’an 2     2 1  
6 UIN6206 Ulum al-Hadis 2     2 3  
7 UIN6207 Pendidikan Pancasila 2     2   2
8 UIN6209 Bahasa Indonesia 2     2   6
Jumlah 16    

 

 

Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan(MKK) PIAUD
NO KODE MATA KULIAH RINCIAN SKS SEMESTER  
T P L JML GS GN  
1 UIN6214 Falsafah Kesatuan Ilmu 2 2 3    
2 UIN6210 Bahasa Arab   2 2 1    
(Istima’ dan Kalam)  
3 UIN6211 Bahasa Arab   2 2 3    
(Qiraah dan Kitabah)  
4 UIN6212 Bahasa Inggris I   2 2 1    
(Basic Listening)  
5 UIN6213 Bahasa Inggris II   2 2 1    
(Basic Speaking)  
6 PUD-6205 BTA untuk Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2     2 1    
7 FIT6201 Ilmu Pendidikan 2     2   2  
8 PUD-6203 Kurikulum PIAUD 2     2 1    
9 PUD-6402 Konsep Dasar  Pendidikan Islam Anak Usia Dini 4     4 1    
10 FIT6202 Tafsir dan Hadist Tarbawi 2     2   6  
11 FIT6224 Filsafat Pendidikan Islam 2     2   4  
12 FIT6203 Psikologi Pendidikan/Educational Psychology 2 2 2  
13 FIT6205 Dasar-dasar Manajemen Pendidikan 2     2   2  
14 UIN6201 Sejarah Peradaban Islam 2     2 5    
15 FIT – 6224  Filsafat Pendidikan Islam 2     2 3    
16 PUD – 6210  Permasalahan Anak Usia Dini 2     2   4  
17 PUD-6411  Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus 2 2   4   4  
18 FIT–6203 Psikologi Pendidikan   2   2 5    
19 PUD-6406 Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2 2   4 5    
20 PUD-6207 Bermain dan Permainan 2     2   2  
21 PUD-6208 Pengembangan Kognitif dan Bahasa 2     2   2  
22 PUD-6409 Pengembangan APE 4     4   2  
23 PUD-6204 Pendidikan Anak dalam Keluarga 2     2    4  
24 PUD – 6214 Perkembangan Anak I (Lahir-4 Tahun) 2     2   4  
25 PUD-6215 Neurosains dalam Pembelajaran 2     2   4  
26 PUD-6416 Pemberdayaan Masyarakat dalam Penyelenggaraan PIAUD 4     4   4  
27 PUD-6417 Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak 4     4    4  
28 PUD-6201 Psikologi Perkembangan 2     2 1    
29 PUD-6219 Perkembangan Anak II (5-8 Tahun) 2     2 3    
30 PUD-6220 Pengelolaan Kelas dan Lingkungan Belajar PIAUD 2     2 3    
31 PUD-6221 Asesmen Anak Usia Dini 2     2 5    
32 PUD-6418 Manajemen Pendidikan PIAUD 4     4 5    
33 PUD-6223 Pengembangan Fisik Motorik 2     2 5    
34 PUD-6404 Statistik Pendidikan 4     4 5    
35  PUD-6225 Gizi dan Kesehatan 2     2   6  
36 PUD – 6226 Metodologi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini 2     2   6  
37 PUD – 6227 Matematika dan Sains Anak Usia Dini 2     2   6  
38 PUD – 6228 Pengembangan Seni Drama, Musik, dan Tari Koreografi (Sendratasik) 2     2   6  
39 PUD – 6229 Pengembangan Kreativitas dan Pembelajaran Menggambar Anak Usia Dini 2     2   6  
40 PUD – 6231 Pengembangan Sosial dan Emosi 2     2   6  
41 PUD – 6432 Pengembangan Agama dan Moral 2     2   6  
42                  
43                  
Jumlah       100      

 


MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETERAMPILAN (MKK)

Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)
NO KODE MATA KULIAH RINCIAN SKS SEMESTER
T P L JML GS GN
1 PUD6235 Dasar-dasar Kaligrafi   2   2 3  
2 PUD6229 Mendongeng   2   2 3  
3 PUD6230 Seminar Proposal Skripsi   2   2   6
4 PUD6637 Skripsi   6   6   8
Jumlah       12    
 

Mata Kuliah Sikap dan Perilaku Berkarya (MSPB)

NO KODE MATA KULIAH RINCIAN SKS SEMESTER PRASARAT
T P L JML GS GN  
1 PUD-6223 Micro teaching   2 4 6 Manajemen Pendidikan PIAUD, Pengelolaan Kelas Dan Lingkungan Belajar AUD, Pengembangan APE, Asesment Anak Usia RA
2 PUD-6436 Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/Teaching Internship     4 4 7 Dasar-dasar Manajemen Pendidikan, Micro Teaching
3 PUD-6412 Kewirausahaan (Desain Program Parenting) 1 1 2 4   2
Jumlah       12      
Mata Kuliah Kehidupan Bermasyarakat (MBB)
NO KODE MATA KULIAH RINCIAN SKS SEMESTER PRASARAT
T P L JML GS GN  
1 UIN6415 KKN 4 4 7 Harus sudah menempuh 120 SKS
Jumlah 4      
Paket Mata Kuliah Pilihan
NO KODE MATA KULIAH RINCIAN SKS SEMESTER
T P L JML GS GN
1 PUD-6437 Dasar-dasar Menggambar       2    2
2 PUD-6439 Praktik Bahasa Arab       4    2
3 PUD-6440 Praktik Bahasa Inggris       4    2
4 PUD-6241 Bridging       2    2
5 PUD-6242 Public Speaking       2    2
JUMLAH 14

 

 

 

DISTRIBUSI MATA KULIAH DALAM PROGRAM SEMESTER

Semester 1

NO KODE MK NAMA MATA KULIAH SKS
1 UIN –  6201 Sejarah Peradaban Islam 2
2 UIN –  6202 Ulum al-Qur’an 2
3 UIN –  6203 Ilmu Tauhid 2
4 UIN –  6210 Bahasa Arab (Istma’ dan kalam) 2
5 FIT – 6201 Ilmu Pendidikan 2
6 PUD –  6201 Psikologi Perkembangan 2
7 PUD –  6402 Konsep Dasar  Pendidikan Islam Anak Usia Dini 4
8 PUD –  6203 Kurikulum Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2
9 PUD –  6204 BTA untuk Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2
       
       
       
Jumlah 20

 

 

 

 

 

 

Semester 2

NO KODE MK MATA KULIAH SKS
1 UIN –  6209 Bahasa Indonesia 2
2 UIN –  6212 Bahasa Inggris (Listening and speaking) 2
3 FIT – 6202 Tafsir dan Hadits Tarbawi 2
4 FIT – 6203 Psikologi Pendidikan 2
5 PUD –  6205 Pendidikan Anak dalam Keluarga 2
6 PUD –  6406 Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini 4
7 PUD –  6207 Bermain dan Permainan 2
8 PUD –  6208 Pengembangan Kognitif dan Bahasa 2
9 PUD –  6409 Pengembangan APE 4
       
       
Jumlah 22

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Semester 3

NO KODE MK MATA KULIAH SKS
1 UIN –  6204 Ilmu Fiqh 2
2 UIN –  6205 Akhlaq Tasawuf 2
3 UIN –  6206 Ulum al-Hadis 2
4 UIN –  6211 Bahasa Arab (Qiro’ah dan kitabah) 2
5 UIN –  6214 Filsafah kesatuan ilmu 2
6 PUD –  6210 Permasalahan Anak Usia Dini 2
7 PUDP –  6411 Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus 4
8 PUD –  6412 Kewirausahaan (Teacher Preuneur} 4
9 FIT –  6204 Filsafat Pendidikan Islam 2
       
       
Jumlah 22

 

 

 

 

 

 

 

 

Semester 4

5NO KODE MK MATA KULIAH SKS
1 UIN –  6207 Pendidikan Pancasila 2
2 UIN –  6208 Pendidikan Kewarganegaraan 2
3 UIN –  6213 Bahasa Inggris (Reading and Writing) 2
4 FIT – 6404 Statistik Pendidikan 4
5 PUD –  6213 Metodologi Penelitian Pendidikan 2
6 PUD –  6214 Perkembangan Anak I (Lahir-4 Tahun) 2
7 PUD –  6215 Neurosains dalam Pembelajaran 2
8 PUD –  6416 Pemberdayaan Masyarakat dalam Penyelenggaraan PIAUD 4
9 PUD –  6417 Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak 4
       
Jumlah 24

 


 

Semester 5

 

NO KODE MK MATA KULIAH SKS
1 FIT – 6205 Dasar-dasar Manajemen Pendidikan 2
2 PUD –  6418 Manajemen Pendidikan Islam Anak Usia Dini 4
3 PUD –  6219 Perkembangan Anak II (5-8 Tahun) 2
4 PUD –  6220 Pengelolaan Kelas dan Lingkungan Belajar PIAUD 2
5 PUD –  6221 Asesmen Anak Usia Dini 2
6 PUD –  6422 Praktik Ibadah 4
7 PUD –  6223 Pengembangan Fisik Motorik 2
8 PUD –  6224 Gizi dan Kesehatan 2
       
       
Jumlah 22

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Semester 6

NO KODE MK MATA KULIAH SKS
1 PUD –  6225 Metodologi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini 2
2 PUD –  6226 Matematika dan Sains Anak Usia Dini 2
3 PUD –  6227 Pengembangan Seni Drama,Tari, Musik. (Sendratasik) dan mendongeng. 2
4 PUD –  6228 Pengembangan Kreativitas dan  Pembelajaran Menggambar Anak Usia Dini 2
5 PUD –  6229 Seminar Proposal Skripsi 2
6 PUD –  6230 Pengembangan Sosial dan Emosi 2
7 PUD –  6231 Pengembangan Agama dan Moral 2
8 PUD –  6432 Micro Teaching 4
9 PUD –  6233 Pembelajaran Kelompok Bermain 2
10 PUD –  6234 Dasar-dasar Kaligrafi 2
       
Jumlah 22

 

Semester 7

 

NO KODE MK MATA KULIAH SKS
1 PUD –  6435 PPL 4
2 PUD –  6636 Skripsi 6
Jumlah 10

*) Pilih salah satu

 

Semester 8

 

NO KODE MK MATA KULIAH SKS
1 UIN –  6415 Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) 4
Jumlah 4

 


 

Rekapitulasi Distribusi Mata Kuliah

 

NO SEMESTER SKS
1 Semester 1 20
2 Semester 2 22
3 Semester 3 22
4 Semester 4 24
5 Semester 5 22
6 Semester 6 22
7 Semester 7 10
8 Semester 8 4
Jumlah 146

 

 

 

PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.

  1. Interaktif berarti bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih dengan mengutamakan proses interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen.
  2. Holistik berarti bahwa proses pembelajaran mendorong terbentuknya pola pikir yang komprehensif dan luas dengan menginternalisasi keunggulan dan kearifan lokal maupun nasional.
  3. Integratif berarti bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang terintegrasi untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan secara keseluruhan dalam satu kesatuan program melalui pendekatan antar disiplin dan multidi
  4. Saintifik berarti bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pendekatan ilmiah sehingga tercipta lingkungan akademik yang berdasarkan sistem nilai, norma,dan kaidah ilmu pengetahuan serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan kebangsaan.
  5. Kontekstual berarti bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan kemampuan menyelesaikan masalah dalam ranah keahliannya.
  6. Tematik berarti bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik keilmuan program studi dan dikaitkan dengan permasalahan nyata melalui pendekatan
  7. Efektif berarti bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih secara berhasil guna dengan mementingkan internalisasi materi secara baik dan benar dalam kurun waktu yang optimum.
  8. Kolaboratif berarti bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran bersama yang melibatkan interaksi antar individu pembelajar untuk menghasilkan kapitalisasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  9. Berpusat pada mahasiswa sebagaimana dimaksud bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan.

 

 

 

PENILAIAN PEMBELAJARAN

  1. Prinsip Penilaian
  • Penilaian menerapkan prinsip edukatif, otentik, objektif, akuntabel, dan transparan yang dilakukan secara terintegrasi.
  • Prinsip edukatif adalah penilaian yang memotivasi mahasiswa agar mampu memperbaiki perencanaan dan cara belajar dan meraih capaian pembelajaran lulusan.
  • Prinsipotentik adalah penilaian yang berorientasi pada proses belajar yang berkesinambungan dan hasil belajar yang mencerminkan kemampuan mahasiswa pada saat proses pembelajaran berlangsung.
  • Prinsip objektif adalah penilaian yang didasarkan pada stándar yang disepakati antara dosen dan mahasiswa serta bebas dari pengaruh subjektivitas penilai dan yang dinilai.
  • Prinsip akuntabel adalah penilaian yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan criteria yang jelas, disepakati pada awal kuliah, dan dipaham ioleh mahasiswa.
  • Prinsip transparan adalah penilaian yang prosedur dan hasil penilaiannya dapat diakses oleh semua pemangku kepentingan.

 

 

  1. Teknik dan Instrumen Penilaian
  • Teknikpenilaian terdiri atas observasi, partisipasi, unjuk kerja,tes tertulis,tes lisan, dan angket.
  • Instrumen penilaian atas penilaian proses dalam bentuk rubric dan/atau penilaian hasil dalam bentuk portofolio atau karya desain.
  • Penilaian sikap dapat menggunakan teknik penilaian observasi.
  • Penilaian penguasaan pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus dilakukan dengan memilih satu atau kombinasi dari berbagi teknik dan instrumen penilaian sebagaimana dimaksud pada nomer satu dan dua.
  • Hasil akhir penilaian merupakan integrasi antara berbagai teknik dan instrumen penilaian yang digunakan.
  1. Mekanisme dan Prosedur Penilaian
  • menyusun,menyampaikan,menyepakati tahap,teknik,instrumen, kriteria, indikator, dan bobot penilaian antara penilai danyang dinilai sesuai dengan rencana pembelajaran;
  • melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap,teknik,instrumen, kriteria, indikator, dan bobot penilaian yang memuat prinsip penilaian;
  • memberikan umpan balik dan kesempatan untuk mempertanyakan hasil penilaian kepada mahasiswa; dan
  • Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa secara akuntabel dan transparan.
  1. Pelaksanaan Penilaian
  • Pelaksanaan penilaian sesuai dengan rencana pembelajaran.
  • Penilaian dapatdilakukan oleh:
  1. dosen pengampu atau timdosen pengampu;
  2. dosen pengampu atau tim dosen pengampu dengan mengikut sertakan mahasiswa; dan/atau
  3. Dosen pengampu atau tim dosen pengampu dengan mengikutsertakan pemangku kepentingan yang relevan.
  • Pelaksanaan penilaian
  1. Pelaporan Penilaian
    • Pelaporan penilaian berupa kualifikasi keberhasilan mahasiswa dalam menempuh suatu mata kuliah yang dinyatakan dalam kisaran:
  2. huruf A setara dengan angka 4(empat)berkategori sangat baik;
  3. huruf B setara dengan angka 3 (tiga) berkategori baik;
  4. huruf C setara dengan angka 2 (dua) berkategori cukup;
  5. huruf D setara dengan angka 1 (satu) berkategori kurang; atau
  6. huruf E setara dengan angka 0(nol) berkategori sangat k
    • Perguruan tinggi dapat menggunakan huruf antara danangkaantara untuk nilai pada kisaran 0 (nol) sampai 4 (empat).
    • Hasil penilaian diumumkan kepada mahasiswa setelah satu tahap pembelajaran sesuai dengan rencanapembelajaran.
    • Hasil penilaian capaian pembelajaran lulusan di tiap semester dinyatakan dengan indeks prestasi semester (IPS).
    • Hasil penilaian capaian pembelajaran lulusan pada akhir program studi dinyatakan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK).
    • Indeks prestasi semester (IPS) sebagaimana dimaksud pada nomer empat dinyatakan dalam besaran yang dihitung dengan cara menjumlahkan perkalian antara nilai huruf setiap mata kuliah yang ditempuh dan sks mata kuliah bersangkutan dibagi dengan jumlah sks mata kuliah yang diambil dalam satu semester.
    • Indeks prestasi kumulatif (IPK) sebagaimana dimaksud pada nomer (5) dinyatakan dalam besaran yang dihitung dengan cara menjumlahkan perkalian antara nilai huruf setiap mata kuliah yang ditempuh dan sks mata kuliah bersangkutan dibagi dengan jumlah sks mata kuliah yang diambil yang telah ditempuh.
    • Mahasiswa berprestasi akademik tinggi sebagaimana dimaksud pada nomer ayat (5) adalah mahasiswa yang mempunyai indeks prestasi semester (IPS) lebih besar dari 3,50 (tiga koma lima nol) dan memenuhi etika akademik.

Ekuivalensi Nilai & Bobot untuk Sistem PAK dan PAN

Persentase (PAK) Skor Z (PAN) NILAI BOBOT
≥80 ≥1,0 A 4,0
79 0,9 B+ 3,9
78 0,8 B+ 3,8
77 0,7 B+ 3,7
76 0,6 B+ 3,6
75 0,5 B+ 3,5
74 0,4 B 3,4
73 0,3 B 3,3
72 0,2 B 3,2
71 0,1 B 3,1
70 0,0 B 3,0
69 -0,1 C+ 2,9
68 -0,2 C+ 2,8
67 -0,3 C+ 2,7
66 -0,4 C+ 2,6
65 -0,5 C+ 2,5
64 -0,6 C 2,4
63 -0,7 C 2,3
62 -0,8 C 2,2
61 -0,9 C 2,1
60 -1,0 C 2,0
59 -1,1 D+ 1,9
58 -1,2 D+ 1,8
57 -1,3 D+ 1,7
56 -1,4 D+ 1,6
55 -1,5 D+ 1,5
54 -1,6 D 1,4
53 -1,7 D 1,3
52 -1,8 D 1,2
51 -1,9 D 1,1
50 -2,0 D 1,0
≤49 ≤-2,0 E 0,0

 

  1. Kelulusan Mahasiswa
  • Mahasiswa program diploma dan program sarjana dinyatakan lulus apabila telah menempuh seluruh beban belajar yang ditetapkan dan memiliki capaian pembelajaran lulusan yang ditargetkan oleh program studi dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) lebih besaratausamadengan2,00(dua koma nol).
  • Kelulusan mahasiswa dari program diploma dan program sarjana dinyatakan dengan predikat memuaskan, sangat memuaskan,atau pujian dengan kriteria:
  1. Mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan apabila mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) 2,76 (dua koma tujuh enam) sampai dengan 3,00 (tiga koma nol);
  2. Mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan apabila mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,01 (tiga koma nol satu) sampai dengan 3,50 (tiga koma lima nol); atau
  3. Mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat pujian apabila mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) lebih dari 3,50 (tiga koma nol).
  4. Sumber Belajar

Sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran di Prodi PIAUD adalah:

  1. Sarana cetak, seperti: buku, brosur, majalah, surat kabar, poster, lembar informasi lepas, naskah brosur, peta, dan foto.
  2. Sarana elektronik : lab computer
  3. Lingkungan: alam, sosial, budaya, sekolah/madrasah, dan siswa
  4. Internet: Wifi, Lans


 

DAFTAR DOSEN TETAP PRODI PIAUD

No. Nama & NIDN Tgl. Lahir Jabatan Akademik Pendidikan dan Asal Universitas Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
1 H. Mursid, M.Ag

2005036701

Demak,

5 Maret 1967

Lektor S1 IAIN walisongo semarang

 

S2 IAIN walisongo semarang

Pendidikan Agama Islam

 

 

Pendidikan Islam

2 Drs. H. Muslam, M.Ag.,M.Pd.

2005036602

Jepara,

5 Maret 1966

Lektor Kepala S1 IAIN walisongo semarang

 

S2 IAIN walisongo semarang

 

S2 UNES

 

S2 UNES

Pendidikan Agama Islam

 

 

Pendidikan Islam

 

Manajemen Pendidikan

 

Manajemen Pendidikan

3 Dr. Agus Sutiyono. M.Ag. M.Pd

2010077306

 

Cilacap,

10 Juli 1973

Lektor S1-STAIN Purwokerto

S2 IAIN Sunan Kalijaga,

 

S3 UNY

PAI

 

Pendidikan Islam

 

 

 

Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

4 Sofa Muthohar. M.Ag

2005077502

 

Banyumas,

5 Juli 1975

Lektor S1 IAIN walisongo semarang

 

S2 IAIN walisongo semarang

 

S3 UINWalisongo

Tafsir Hadits

 

Pendidikan Islam

 

Islamic studi

5 Agus Khunaifi. M.Ag

2026027602

Brebes,26 Februari 1976 Lektor S1 IAIN walisongo semarang

 

S2 IAIN walisongo semarang

 

S3 UINWalisongo

Tafsir Hadits

 

Pendidikan Islam

 

Islamic studi

6 Dr.Dwi Istyani

2023067502

Brebes,23 Juni 1975 Lektor IAIN SUKA Yogyakarta

 

 

IAIN SUKA Yogyakarta

 

UNY

Sejarah Dan Kebudayaan Islama

Sejarah Pendidikan

Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

7 Mustakimah. M.Pd

2002037903

Demak, 2 Maret1979 Asisten Ahli IAIN walisongo Semarang, IKIP Veteran Semarang

UNNES

PAI

 

PG PAUD

PAUD

8 Lilif Muallifatul Khorida.F. M.Pd.I

2015128806

Semarang, 15 Desember 1988 Asisten Ahli IAIN walisongo Semarang,

UIN SUKA Yogyakarta

 

MPI

 

PGRA

9 Abdulloh, M. Pd.

2025057606

Tegal, 25 Mei 1976 Asisten Ahli IAIN walisongo Semarang,

UNNES

SIYASAH JINAYAH

 

PENDIDIKAN SENI

10 Qorby Haqqul Adam, S. Pd., M. Or.

2002099006

SEMARANG, 2 SEPTEMBER 1990 Asisten Ahli UNNES

 

 

 

UNS SURAKARTA

PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAH RAGA

ILMU KEOLAHRAGAAN

11 Dra. Srijatun, M.S.I

2009095206

Tegal, 9 September 1952 Lektor Kepala UPS Tegal

 

 

 

UII Yogyakarta

Psikologi pendidikan dan Bimbingan

Studi Islam

 

About piaud

Check Also

Mengembangkan Imajinasi Melalui Buku Cerita Bergambar

  Imajinasi merupakan potensi kecerdasan anak yang mesti dikembangkan secara baik melalui kegiatan dan media …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *