Jl. Prof. Dr. Hamka (Kampus II), Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah024-7601295

Profil Program Studi

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) FITK UIN Walisongo memiliki komitmen untuk berkontribusi secara nyata dan bermakna bagi dunia pendidikan. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK UIN Walisongo, mendapatkan izin dari Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Surat Keputusan Nomor 190/E/O/2014 tertanggal 1 Juli 2014, bernaung di bawah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan (FITK). Prodi ini menawarkan proses pendidikan yang sangat bermutu, ditunjang dengan fasilitas lengkap dan modern, dengan staf pengajar yang berpengalaman dan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan. Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Walisongo mempunyai keunggulan, yaitu pembelajaran dengan kurikulum merdeka belajar berbasis pada Outcome Base Learning (OBL) yang diimplementasikan bersama dengan nilai-nilai keislaman sehingga diharapkan dapat mencetak para pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini yang produktif, kreatif, inovatif, berwawasan kesatuan ilmu, profesional dan berakhlak mulia.

Kurikulum disusun untuk menyiapkan lulusan yang kompeten dan siap berkarir di tingkat nasional maupun internasional. Mahasiswa dibekali dengan berbagai matakuliah yang sesuai dengan tuntutan 21 st century skills termasuk juga kesempatan untuk melakukan praktik mengajar di dalam dan di luar negeri. Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Walisongo memiliki fasilitas laboratorium micro teaching, labschool dan sekolah mitra yang lengkap dan canggih untuk pelaksanaan praktikum maupun penelitian. Penguatan kerjasama juga menjadi komponen penting dalam penyelenggaraan Pendidikan. Kami, telah menjalin kerjasama dengan berbagai instansi baik dari dalam dan luar negeri untuk pengembangan pendidikan yang bertaraf internasional seperti Malaysia, Thailand, Australia, United Kingdom dan lain-lain.

Profil singkat lulusan yang diharapkan dari program studi PIAUD diharapkan mereka siap secara profesional  menjadi

  1. Guru Taman Kanak-Kanak (TK) /RA/BA/KB/Daycare (Teacher for Early Childhood) Nasional dan Internasional dan yang sejenisnya seperti, learning mentor (guru tutor) untuk anak usia Dini, private tutor (guru privat) untuk Anak Usia Dini, Asisten Pendidik (Teaching Assistant) untuk Anak Usia Dini, Trainer di bidang Pendidikan Anak Usia Dini, pegawai Komunitas Pendidikan Anak Usia Dini (Community Early Childhood Education Officer), widyaiswara dan lain lain.
  2. Peneliti di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (Early Childhood Education Researcher) yang bisa berupa pemerhati pendidikan anak usia dini, penelitian dan pengembangan Pendidikan anak usia dini baik pada institusi negeri maupun swasta, nasional dan internasional.
  3. pengembang bahan ajar untuk Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya;
  4. Pengusaha (Edupreneur) dibidang Pendidikan Anak Usia Dini yang meliputi penyedia Alat Peraga Edukatif (APE), penydia barang seni untuk anak usia dini, Penyedia media digital untuk anak usia dini, penyedia fasilitas bermain untuk anak usia dini, penyedia, jasa persewaan permainan anak, pengelola, playground area, penyedia tempat rekreasi untuk anak usia dini dan lain-lain.