Semarang – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Walisongo Semarang sukses menyelenggarakan Workshop Panduan Tugas Akhir pada Kamis, 20 November 2025. Acara penting ini diadakan di Ruang N4 FITK Kampus II UIN Walisongo Semarang mulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB.

Workshop ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam mengenai pedoman penyusunan Tugas Akhir (TA) bagi seluruh mahasiswa FITK, termasuk mahasiswa PIAUD, agar tercipta kualitas lulusan yang unggul.

Pembukaan Resmi dan Laporan Kegiatan

Acara dibuka pada pukul 08.30 WIB, dipandu oleh MC Ibu Mustakimah, M.Pd., diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Laporan Ketua Pelaksana disampaikan oleh Dr. Sofa Muthohar, M.Ag.. Sambutan dan pembukaan acara secara resmi disampaikan oleh Wakil Dekan II, Dr. Ahmad Maghfurin, M.Ag., M.A.. Setelah rangkaian pembukaan, acara dilanjutkan dengan doa bersama dan sesi foto bersama seluruh peserta dan panitia.

Empat Sesi Materi Inti Bekali Mahasiswa

Workshop ini dibagi menjadi empat sesi materi utama yang padat dan relevan, melibatkan pakar di bidangnya:

Sesi 1: Pedoman Penulisan Tugas Akhir (09.00–10.30 WIB) Narasumber: Dr. Yuli Utanto, S.Pd., M.Si.. Materi fokus pada Jenis Tugas Akhir yang berlaku di Perguruan Tinggi, termasuk Skripsi, Proyek, Prototipe, Publikasi Ilmiah (artikel jurnal), Penyetaraan Prestasi Kejuaraan, dan Book Chapter. Selain itu, dibahas detail mengenai sistematika penulisan TA (Bab I Pendahuluan hingga Bab V Penutup), serta struktur penulisan ilmiah yang benar, meliputi konsistensi format, penggunaan bahasa ilmiah, serta penulisan kutipan dan daftar pustaka sesuai kaidah. Dijelaskan pula kriteria spesifik TA menurut UNNES, seperti skripsi kualitatif/kuantitatif/campuran, kriteria proyek dan prototipe, serta ketentuan publikasi ilmiah dan Book Chapter.

Sesi 2: Penyusunan Proposal Penelitian dan Metodologi (10.30–12.00 WIB) Sesi ini mengulas komponen wajib proposal penelitian, seperti latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, kajian teori, metode penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis. Narasumber juga menekankan penentuan pendekatan penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, atau Mixed Methods), serta mengidentifikasi kesalahan umum yang sering terjadi, seperti rumusan masalah yang tidak spesifik, metode yang tidak sesuai tujuan, atau instrumen yang tidak jelas.

Setelah ISHOMA (Istirahat, Sholat, Makan) pada pukul 12.00–13.00 WIB, workshop dilanjutkan dengan dua sesi krusial.

Sesi 3: Etika Akademik dan Pencegahan Plagiarisme (13.00–14.30 WIB) Materi ini sangat ditekankan, membahas prinsip etika akademik dalam penulisan ilmiah. Mahasiswa diberikan pemahaman tentang larangan keras plagiarisme, manipulasi data, dan duplikasi publikasi. Standar originalitas karya ditekankan melalui kewajiban menggunakan sitasi dan referensi, serta pengecekan plagiasi minimal menggunakan aplikasi Turnitin. Peserta juga diingatkan mengenai batas toleransi plagiarisme yang sesuai dengan regulasi fakultas.

Sesi 4: Penyusunan Instrumen Penelitian & Teknik Analisis Data (14.30–15.30 WIB) Sesi terakhir berfokus pada langkah-langkah praktis. Materi mencakup penyusunan instrumen berdasarkan variabel penelitian, seperti angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dibahas pula pentingnya validitas & reliabilitas instrumen. Untuk teknik analisis data, dipaparkan metode kualitatif (reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan) dan kuantitatif (statistik deskriptif & inferensial), serta pentingnya pemilihan analisis yang sesuai dengan jenis data yang dimiliki.

Penutup

Workshop ditutup pada pukul 15.30 WIB. Acara ditutup secara resmi oleh Wakil Dekan I, Prof. Dr. Mahfud Junaedi, M.Ag., ditandai dengan pembacaan hamdalah bersama dan sesi foto bersama seluruh peserta dan narasumber.

Diharapkan, melalui workshop ini, mahasiswa PIAUD khususnya, dan seluruh mahasiswa FITK pada umumnya, memiliki bekal pengetahuan dan panduan yang solid dalam menyusun Tugas Akhir yang berintegritas dan berkualitas.